You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenal Lebih Dekat Bangunan Joglo (2)

Administrator 06 Juli 2021 Dibaca 477 Kali
Mengenal Lebih Dekat Bangunan Joglo (2)

Hargorejo. 
Masih tentang filosofi rumah joglo. Tahukah kalian? Pintu-pintu yang terdapat dalam rumah joglo dibuat 3, yaitu di tengah dan kedua sisi kanan dan kiri  bawah. Bukan tanpa alasan, ketiga pintu tersebut melambangkan kupu-kupu yang berjuang untuk keluarga besarnya. Selain pintu, jendela pada rumah joglo dibuat banyak dan berukuran besar. Hal ini agar sirkulasi udara dalam rumah joglo menjadi lancar. 
Karena bentuknya yang unik dan rumit serta membutuhkan kayu yang banyak dan berkualitas, rumah joglo umumnya hanya dimiliki oleh kaum menengah ke atas. Oleh karenanya, rumah joglo pada zaman dahulu juga menunjukkan status sosial pemilik rumah yang tinggi seperti raja atau menteri. Sayangnya arsitektur rumah joglo yang masih asli sudah jarang ditemukan. Sebagai gantinya, banyak masyarakat yang lebih suka menggunakan arsitektur modern. Oleh karenanya, warisan budaya tersebut patut kita lestarikan adanya, sehingga ciri khas dan khazanah budaya Jawa tidak punah ditelan arus modernitas. 

Di zaman modern ini, banyak para arsitek yang menggabungkan seni arsitektur joglo dengan arsitektur modern. Jadi, rumah yang didapatkan lebih terkesan eksotis dengan nuansa klasik rumah joglo. Anda tertarik untuk membuat hunian bergaya klasik seperti rumah joglo? Tentunya selain warisan tradisi Jawa akan terjaga, kita bisa sembari  menarik minat para wisatawan. Faktanya, sekarang sudah ada rumah makan dan hotel yang mengadopsi bentuk rumah joglo. Dengan mengusung ciri khas budaya masing-masing tentunya akan lebih menarik bukan?

Penulis: Afa

editor:save

Artikel terkait: http://hargorejo-kulonprogo.desa.id/index.php/web/form/1/1/0/1629

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image