You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Upacara Peringatan Hari Jadi Hargorejo ke-77

Admin Hargorejo 23 April 2024 Dibaca 50 Kali
Upacara Peringatan Hari Jadi Hargorejo ke-77

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Hargorejo ke-77, Pemkal untuk pertama kalinya mengadakan upacara peringatan hari jadi pada Senin pagi (22/04/2024). Upacara yang diadakan di halaman Balai Kalurahan Hargorejo ini dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pariwisata, Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Panewu Anom, Lurah Hargorejo beserta pamong, dukuh dan staf, Ketua BPK beserta jajarannya, LPMK, Bumkal, pengurus Desa Budaya, Linmas, perwakilan kelembagaan serta tokoh masyarakat. 

Berbeda dengan upacara bendera, rangkaian upacara hari jadi dilaksanakan menggunakan bahasa Jawa. Seluruh peserta upacara yang hadir juga mengenakan pakaian adat Gagrak Ngayogyakarta. Gerakan saat penyiapan pasukan pun berbeda dengan upacara bendera. Misalnya saja ketika penghormatan terhadap pembina dan pemimpin upacara dilakukan dengan menundukkan kepala dengan sikap sempurna. Pasukan bregada di bagi menjadi tiga sisi, dengan jumlah baris 3 di setiap sisinya. Sedangkan tamu undangan duduk di kursi depan menghadap para bregada. Pasukan bregada sendiri dipimpin oleh Ketua Desa Budaya, IPDA Gatot Suranto.

Saat amanat upacara, Lurah Hargorejo selaku pembina upacara mengajak para hadirin untuk senantiasa menjaga kerukunan dan persatuan sebagai warga Hargorejo. Beliau juga berharap agar semua warga masyarakat dapat merasa bangga menjadi bagian dari Kalurahan Hargorejo. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa menggunakan bahasa Jawa yang dipimpin oleh Dukuh Selo Barat.

 

Penulis: Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image