You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Malam Tirakatan Dalam Rangka Hari Jadi Hargorejo ke-77

Admin Hargorejo 22 April 2024 Dibaca 43 Kali
Malam Tirakatan Dalam Rangka Hari Jadi Hargorejo ke-77

Di antara rangkaian peringatan Hari Jadi Hargorejo ke-77 yang diadakan oleh Pemkal adalah malam tirakatan. Malam tirakatan ini digelar pada Minggu malam (21/04/2024) di Balai Kalurahan Hargorejo. Acara yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ini dihadiri oleh anggota DPRD Kulon Progo Dapil 2, Ida Ristanti, Panewu Kokap, Kundho Kabudayan, Dinas Pariwisata, Polsek Kokap, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Hargorejo , Lurah Hargorejo beserta pamong, dukuh dan staf, Ketua BPK beserta jajarannya, kaum/Rois, pendeta, pengurus Desa Budaya, LPMK, BUMKal, perwakilan LKK yang ada di Kalurahan Hargorejo, serta tokoh masyarakat. Semua tamu undangan  yang hadir pada kesempatan ini memakai pakaian adat Gagrak Ngayogyakarta.

Usai pembukaan, sambutan disampaikan oleh Lurah Hargorejo, Bhekti Murdayanto, S.E. Dalam sambutannya, selain atur pambagya harja beliau juga menyampaikan tentang beberapa acara yang telah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Hargorejo ke-77, di antaranya ziarah kubur sesepuh Hargorejo,Gladen Alit Jemparingan dan Dakon, serta senam massal dan jalan sehat. Terlebih dari itu, malam tirakatan kali ini selain sebagai momen mengingat sejarah Hargorejo juga sebagai sarana doa bersama untuk mendoakan arwah para leluhur Hargorejo serta supaya Hargorejo semakin maju ke depannya. 

Selain Lurah Hargorejo, Panewu Kokap, Yulianta Nugraha, S.IP.,M.Si. mengapresiasi beberapa prestasi yang telah diraih oleh Kalurahan Hargorejo. Beliau juga berharap dengan adanya Lomba Desa Anti Korupsi mendatang Kalurahan Hargorejo dapat menjadi panutan bagi desa lain dalam transparansi pemerintahan. Selain itu, beliau juga berharap dengan status Desa Budaya, Kalurahan Hargorejo dapat menumbuhkan kembali permainan-permainan tradisonal serta menjadikannya mata pelajaran di sekolah sebagai pendidikan karakter.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kyai Nur Wakhid dan dialnjutkan dengan pagas tumpeng. Penyerahan potongan tumpeng secara simbolis diserahkan oleh Panewu Kokap kepada Lurah Hargorejo serta dari anggota DPRD Kulon Progo kepada Ketua BPK Hargorejo. Setelah itu, acara disusul dengan kembul bujana atau makan bersama oleh semua tamu undangan. (Ajru F/Yuli S)

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image