You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

KIPI: Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi

Administrator 03 Maret 2021 Dibaca 1.487 Kali
KIPI: Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi

Hargorejo. Vaksinasi Covid 19 yang sudah  dilakukan oleh sebagian Petugas Pelayanan Publik hari ini (Rabu, 03/03/2021) di Kapanewon Kokap berjalan sukses dan lancar. Pamong Hargorejo yang ikut jadwal hari ini melaporkan beberapa KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang dirasakan setelah menjalani vaksinasi. Vaksinasi dilakukan mulai pukul 08.00 WIB dengan diawali screening terlebih dahulu untuk melihat kesiapan tubuh calon penerima. Bagi calon penerima yang memiliki riwayat alergi obat sementara belum bisa menerima vaksin hari ini. 

Pada 30 - 60 menit pertama terjadi reaksi lokal di sekitar area injeksi yaitu terasa panas, nyeri, pegal dan lemas pada lengan. Reaksi ini dirasakan oleh  hampir sebagian besar penerima vaksin. Setelah 2 - 3 jam baru terasa reaksi sistemik seperti pusing, mengantuk, batuk ringan, merasa lapar dan gemetar serta konsentrasi menurun. 

Petugas Puskesmas Kokap I memberi arahan agar penerima vaksin tetap melakukan observasi KIPI masing-masing dan apabila ada reaksi yang lebih berat segera menghubungi petugas atau datang ke IGD Rumah Sakit terdekat. Ada baiknya setelah melakukan vaksinasi, penerima vaksin beristirahat sejenak dari aktivitas harian. 

Penulis: Save

"Terima kasih informasinya min, kita jadi punya gambaran ttg vaksinasi
ditawira 04 Maret 2021
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image