You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Panitia Lomba Dakon Adakan Technical Meeting di Perpustakaan

Admin Hargorejo 18 April 2024 Dibaca 40 Kali
Panitia Lomba Dakon Adakan Technical Meeting di Perpustakaan

Pada hari Rabu (17/04/2024) para peserta lomba dakon diundang oleh panitia lomba untuk menghadiri technical meeting yang diadakan di Ruang Perpustakaan Hargorejo. Pada kesempatan ini, panitia menjelaskan tentang tatacara dan peraturan lomba. Peraturan yang ditetapkan oleh panitia secara langsung adalah para peserta diwajibkan untuk memakai busana Adat Jawa pada saat perlombaan serta akan diambil juara 1,2,3 dan harapan 1,2. Sedangkan peraturan lomba yang lainnya disepakati bersama oleh panitia dan peserta lomba, mengingat tidak adanya peraturan yang baku dalam permainan dakon.

Peraturan yang telah disepakati tersebut antara lain :
 Orang tua/wali yang mengantar hanya boleh melihat jalannya perlombaan dan tidak boleh memberi tahu ataupun memberi kode kepada para peserta lomba. 
 Jumlah biji dakon per lubang sebanyak 7 buah. 
 Apabila biji dakon terakhir jatuh pada lubang kosong, maka peserta boleh mengambil biji dakon di sampingnya yang berada di area lawannya.
 Jika salah satu peserta tanpa sengaja menaruh biji dakon di lubang perolehan milik lawannya, maka hal tersebut dianggap kelalaian peserta. Akan tetapi jika peserta menyadarinya sebelum giliran lawan tiba maka ia boleh mengambil biji dakon tersebut.
 Apabila biji dakon yang diambil tidak muat di tangan kanan peserta maka boleh menaruhnya di tangan kiri dan diambil satu persatu agar tidak ganda ketika memasukkan biji dakon ke dalam lubang.
 Pemain yang pertama kali mengambil biji dakon ditentukan dengan sisi mata koin yang telah dilambungkan ke atas.
 Pemain yang mendapatkan biji dakon terbanyak adalah pemenang. 

Usai menyepakati aturan permainan, para peserta dipersilahkan untuk melakukan simulasi agar lebih memahami aturan permainan. Sedangkan bagi beberapa peserta yang berhalangan hadir ketika technical meeting dapat datang langsung ke Perpustakaan Hargorejo untuk melakukan simulasi dan memahami peraturan lomba.

 

Penulis : Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image