You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kirab Budaya Dalam Rangka Hari Jadi Kalurahan Hargorejo

Admin Hargorejo 02 Mei 2023 Dibaca 168 Kali
Kirab Budaya Dalam Rangka Hari Jadi Kalurahan Hargorejo

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalurahan Hargorejo yang ke 76, berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kalurahan Hargorejo. Hari Jadi Kalurahan Hargorejo yaitu tanggal 22 April tahun ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, sehingga berbagai kegiatan tidak dapat dilaksanakan tepat pada tanggal tersebut. Kegiatan doa bersama diadakan pada Kamis (13/04/2023) pukul 20.30 WIB, ziarah kubur pada hari Jum’at (14/04/2023) pukul 13.00 WIB, acara Kirab Budaya diadakan pada hari Sabtu (29/04/2023) pukul 13.00 WIB, dan Pagelaran Wayang Kulit pada malam harinya pukul 21.00 WIB.

Acara Kirab Budaya dimulai dari jalan samping Kalurahan Hargorejo menuju Lapangan Selo Timur dengan urutan paling depan adalah barisan Pamong Kalurahan dan BPKal kemudian Pasukan Prajurit Bregada bersama Bapak dan Ibu Lurah Hargorejo dan diikuti oleh peserta kirab dari 16 padukuhan yang berbaris sesuai dengan nomor urut kedatangan.

Acara diawali dengan Upacara Prosesi Penyerahan Tombak Rinekso Buwono dan Payung Songsong Tunggul Nogo dari Bapak Sukarma selaku Kamituwa Hargorejo kepada Bapak Muji Widadi selaku Pengelola Desa Wisata Budaya untuk kemudian diserahkan kepada pemimpin pasukan Prajurit  Bregada. Nama Pasukan Prajurit Bregada dari Padukuhan Gunung Rego ini adalah “Manunggal Karso” yang artinya nyawiji ing gati sesarengan tandang gawe (bersama-sama bersatu membangun kekompakan untuk mengerjakan sesuatu).

Setelah sampai di Lapangan Selo Timur  rombongan peserta kirab menempati tempat yang telah disediakan untuk kemudian mengikuti acara sambutan dan doa bersama. Acara ditutup dengan perebutan gunungan hasil pertanian oleh warga masyarakat Hargorejo.

 

Penulis : Agus S.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image