You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Perpustakaan Swapustaka Hargorejo : Nguri-Uri Permainan Tradisional Melalui Lomba Dakon

Admin Hargorejo 22 April 2024 Dibaca 34 Kali
Perpustakaan Swapustaka Hargorejo : Nguri-Uri Permainan Tradisional Melalui Lomba Dakon

Turut berpartisipasi dalam Peringatan Hari Jadi Hargorejo ke-77, Perpustakaan Swapustaka mengadakan lomba dakon bagi anak SD kelas 1-3 pada Sabtu (20/04/2024). Lomba ini sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan literasi anak dalam bidang permainan tradisional, terutama dakon. Para peserta lomba merupakan perwakilan dari masing-masing padukuhan yang ada di Hargorejo. Pada saat lomba, peserta juga diwajibkan untuk memakai busana adat Jawa. Selain peserta lomba, wali dan juri, hadir pula Babinkamtibmas Hargorejo, Carik Hargorejo, serta perwakilan staf dan dukuh.

Sebelum lomba dimulai, panitia terlebih dahulu mengumumkan peraturan lomba dan mengundi peserta. Pada proses pengundian, masing-masing peserta mengambil nomor undian dan dicocokkan dengan bagan yang telah dibuat oleh panitia. Pada babak pertama, empat pasang pemain maju secara bersamaan menggunakan 4 buah papan dakon. Lomba dakon kali ini terdiri tiga babak, yakni babak penyisihan, semifinal dan final. Dari hasil lomba, diambil 5 pemenang, yakni:

• Juara 1 : Seno Adly dari Padukuhan Sindon;

• Juara 2 : Oktavia Styaning Arum dari Padukuhan Ngulakan;

• Juara 3 : Ahza Hakim dari Padukuhan Selo Timur;

• Harapan 1 : Mikayla Cahaya Nafisa dari Padukuhan Selo Barat;

• Harapan 2 : Alisya Nada Pusparani dari Padukuhan Kriyan.

Masing-masing juara mendapatkan trophy, uang pembinaan dan alat tulis. Usai lomba, acara diisi dengan foto bersama. “Dengan adanya lomba ini, harapannya anak-anak semakin cinta dengan permainan tradisional dan mampu menjaga warisan tradisi dari leluhur”, ungkap salah satu panitia.

 

Penulis : Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image