Takut Lemes Karena Makan Kangkung? Baca Ini!

Administrator | 06 Mei 2020 15:01:56 | Berita Desa | 32 Kali

Siapa yang tidak mengenal sayuran jenis ini. Ada kemungkinan bahwa kangkung berasal dari kawasan Asia dan Afrika. Tanaman kangkung merupakan anggota famili Convolvulceae. Nama ilmiah dari kangkung adalah Ipomoea reptans P.(Wikipedia)

Banyak yang takut makan kangkung karena ada mitos bahwa kangkung bisa menyebabkan lemas. Tapi tahukah anda bahwa di setiap 100 gram kangkung mengandung 3 gram protein.  Ada kandungan lemak. Namun sangat sedikit, pada kangkung kandungan lemak hanya sebesar 0,3 gram per 100 gram. Dan
Jumlah kandungan karbohidrat di dalam 100 gram kangkung adalah sebanyak 5,4 gram. Sementara ada kandungan energi untuk setiap 100 gram kangkung yaitu sebesar 29 kalori (https://doktersehat.com/kandungan-kangkung, Senin (4/5/2020) 14.03 WIB)

Sebenarnya banyak masakan yang bisa dihasilkan dari kangkung ini. Bisa menjadi bagian dari pecel, urap atau dimasak tersendiri . Seperti dibuat cah atau Plecing. Plecing kangkung merupakan salah satu sajian masakan yang cukup terkenal. Dan plecing kangkung merupakan makanan dari Lombok. Di tempat asalnya, kangkung yang digunakan untuk masakan ini berupa kangkung air yang biasa ditanam dengan metode tertentu sehingga mempunyai batangan besar yang renyah, berbeda dengan kangkung berbatang kecil yang lebih sering kita temui. Tapi kalau anda mau mencobanya bisa saja. Karena hal ini tidak akan mengurangi rasa dari kangkung itu sendiri.

Proses penyajiannya pun sangat sederhana. Kangkung yang sudah disiangi lalu direbus hingga matang. Jangan lama-lama yaaa. Disajikan tidak dalam keadaan panas, tapi bersuhu normal ruang kemudian disiram sambal di atasnya. Sambalnya pun kita bisa membuatnya. Berbahan dari tomat, terasi, cabe rawit, yang digoreng atau dibakar lalu dihaluskan. Jangan lupa tambahkan garam, dan kucuran jeruk limau diatasnya atau bisa juga gunakan jeruk pecel sehingga memberikan rasa asam.

Jangan takut makan kangkung ya, karena kangkungpun ada nilai gizinya. (Wir)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah KALURAHAN

Peta Desa

Data Klinis Covid 19 Hargorejo Februari 2021

DATA BANTUAN DITERIMA WARGA HARGOREJO TAHUN 2020-2021

Data Kelompok Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2021

DATA UMKM HARGOREJO TAHUN 2021

DATA PENDAPATAN WARGA PERBULAN

Lokasi Kantor KALURAHAN


Kantor Desa
Alamat : KRIYAN, HARGOREJO, KOKAP, KULON PROGO
KALURAHAN : HARGOREJO
KAPANEWON : KOKAP
KABUPATEN : KULON PROGO
Kodepos : 55653
Telepon : 02747721380
Email : pemdes13hargorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung