You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

AWAKE DEWE KI JANE WARAS GA SIH?

Administrator 17 Maret 2020 Dibaca 391 Kali

Hargorejo, Selasa (17/03/2020) Waras merupakan Bahasa jawa ngoko, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti sehat. Lalu bagaimanakah sehat itu sebenarnya ? Sehat adalah suatu keadaan sejahtera yang meliputi fisik, mental dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan World Health Organization (WHO, 2015) .
Suatu keadaan sejahtera yang meliputi fisik,mental dan sosial, kalimat ini berulang kali saya tanyakan kepada diri saya sendiri saat saya mengikuti pelatihan Kader Kesehatan Jiwa di aula Puskesmas I Kokap Senin (16/03/2020). Betapa tidak untuk mengatakan sehat atau tidak secara kejiwaan ternyata kita harus mengaku pada beberap ciri yang disampaikan oleh nara sumber dari Rumah sakit Ghrasia Yogyakarta.
Pelatihan ini berencana akan di laksanakan selama 4 hari hingga 19 Maret 2020. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa masyarakat Kapanewon Kokap yang masuk kategori sehat, dan untuk mendeteksi seberapa berisiko masyarakat kita terhadap gangguan psikomatik dan berapa yang gangguan jiwa.
Mendeteksi dari awal tentang gangguan psikomatik tentu akan memudahkan kita untuk merujuk dan mengambil tindakan terhadap apa yang dialami seseorang. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kader kesehatan dari kalurahan Kalirejo, Hargomulyo, dan Hargorejo. Jadi seberapa waras kita sebenarnya? (wir)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image