You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Graha Media dan Karang Taruna Anjir Laksanakan Monitoring Evaluasi Pendampingan Mitra Wacana

Admin Hargorejo 04 April 2024 Dibaca 49 Kali
Graha Media dan Karang Taruna Anjir Laksanakan Monitoring Evaluasi Pendampingan Mitra Wacana

Hargorejo. Manajemen keberlanjutan organisasi merupakan salah satu proses yang penting untuk dilalui setiap organisasi. Dalam rangkaian proses manajemen organisasi terdiri atas 4 tahapan, meliputi Perencanaan, Implementasi, Monitoring dan Evaluasi (PIME).

Monitoring dan Evaluasi merupakan tahapan yang dilaksanakan secara berkala oleh organisasi yang bertujuan untuk mengamati perkembangan dan menilai kinerja organisasi. Selain itu, monitoring evaluasi juga digunakan untuk mengetahui tingkat pencapaian dan kesesuaian antara rencana yang telah ditetapkan dengan hasil capaian saat dilaksanakan monitoring tersebut.

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk melaksanakan tahapan monitoring evaluasi. Sebagaimana yang dilaksanakan oleh Graha Media dan Karang Taruna bersama Mitra Wacana pada Jumat (28/03/24) di Gedung PAUD Padukuhan Anjir. Kegiatan tersebut membahas mengenai pendampingan mitra wacana di Kalurahan Hargorejo, salah satunya dalam melaksanakan program bersama Tim Media Kalurahan dan Karang Taruna. Dalam melaksanakan monitoring tersebut, metode yang digunakan adalah MSC (Most Significant Change). Apakah yang dimaksud dengan MSC? Dan bagaimana cara kerja metode tersebut?

Most Significant Change (MSC) atau Perubahan Paling Signifikan merupakan teknik monitoring dan evaluasi kualitatif yang partisipatif, menggunakan pengumpulan dan analisis tentang cerita-cerita perubahan, baik yang positif maupun negatif. Pemilihan cerita-cerita tentang perubahan bermakna dilakukan oleh setiap anggota pertemuan dari Karang Taruna Anjir dan Graha Media adalah aspek penting dari metode ini. Dengan demikian, teknik ini membuka ruang bagi berbagai pihak untuk terlibat melakukan pemantauan, menentukan jenis perubahan yang dianggap penting, dan menganalisis perubahan-perubahan tersebut.

Muazim, selaku project manager dari Mitra Wacana menyampaikan bahwa terdapat 3 hal yang menjadi fokus dalam metode MSC ini, di antaranya pengaruh terhadap kualitas hidup seseorang, hubungan dengan mitra yang bekerja sama, serta keberlanjutan organisasi. Ketiga hal tersebut dituangkan dalam bentuk cerita, baik positif maupun negatif dengan bantuan beberapa pertanyaan yang dijawab oleh masing-masing anggota pertemuan. Anggota juga berperan dalam memberikan penilaian terhadap masing-masing tulisan hingga memberikan peringkat atas 3 tulisan yang paling berpengaruh secara signifikan.

Mitra Wacana juga memberikan beberapa referensi metode yang dapat dilakukan untuk monitoring evaluasi organisasi, baik Graha Media maupun Karang Taruna Anjir. Harapannya, masing-masing organisasi dapat menentukan metode yang paling efektif untuk diterapkan sesuai dengan minat dari anggota organisasi. (Annisa Istika)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image