You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Graha Media Hargorejo dan Karang Taruna Anjir Melaksanakan Pelatihan Public Speaking

Admin Hargorejo 14 Juni 2024 Dibaca 43 Kali
Graha Media Hargorejo dan Karang Taruna Anjir Melaksanakan Pelatihan Public Speaking

Hargorejo. Public Speaking merupakan unsur yang penting untuk mendukung kemampuan seseorang berbicara di hadapan publik. Dalam membangun komunikasi dengan melibatkan pendengar (audience), memerlukan teknik dan metode bagi seseorang agar informasi yang disampaikan dapat diterima secara jelas dan lengkap. Untuk meningkatkan kemampuan public speaking pada generasi muda, Graha Media Hargorejo melaksanakan program kerja kolaborasi bersama Karang Taruna Anjir dengan menyelenggarakan Pelatihan Public Speaking.

Pelatihan Public Speaking dilaksanakan pada Kamis (13/06/2024) berlokasi di Gedung PAUD Padukuhan Anjir. Dipandu oleh Ruliyanto dari Mitra Wacana, pelatihan dimulai pukul 19.30 WIB hingga kurang lebih pukul 22.15 WIB. Pelatihan Public Speaking dibagi menjadi 2 sesi, yaitu penjelasan materi dan praktik. Pada sesi pertama, penjelasan materi disampaikan oleh Ruliyanto, meliputi definisi public speaking, unsur penting dalam public speaking, teknik penyampaian informasi, hingga kiat-kiat dalam menjadi pembawa acara. Dalam sesi tersebut, juga dilaksanakan praktik ketika melakukan teknik persiapan, menyusun strategi menghadapi situasi tidak terduga, hingga teknik pernapasan dan relaksasi.

Pada sesi kedua, peserta pelatihan dipersilakan mengambil peran untuk melaksanakan praktik public speaking dalam sebuah rapat organisasi. Terdapat 7 posisi yang diperankan oleh peserta pelatihan, yaitu pembawa acara, ketua organisasi, moderator, serta pengurus inti dan 3 divisi. Peran-peran tersebut melaksanakan tugas atau bagian sesuai yang ditentukan dalam alur rapat organisasi. Dalam pelaksanaan praktik tersebut dilanjutkan dengan evaluasi untuk mengetahui hal-hal yang harus ditingkatkan pada pertemuan yang akan datang.

Beberapa hal yang disampaikan oleh peserta pelatihan, di antaranya masih merasa kebingungan dan gugup untuk melakukan improvisasi, kurang menguasai materi, dan masih terpaku pada teks. Ruliyanto dalam sesi evaluasi praktik menyampaikan, "Dengan diselenggarakannya pelatihan public speaking ini, merupakan langkah awal untuk mulai membangun kemampuan berbicara di depan umum bagi teman-teman. Memang tidak langsung mulus, tapi dengan ini bisa menjadi motivasi teman-teman semua untuk terus belajar hingga bisa meningkatkan kepercayaan diri."

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image