You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

"Kedai Kate", Sarana Belajar Mengembangkan Kemampuan Dalam Bidang Ekonomi

Admin Hargorejo 04 April 2024 Dibaca 61 Kali


Program kegiatan "Kedai Kate" oleh Karang Taruna Anjir pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021, yang merupakan bagian dari rangkaian program kegiatan sosial "Bersama Bederma". Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan Ramadhan dengan tujuan menggalang dana yang akan digunakan untuk kegiatan bakti sosial.

Biasanya, kedai kate dibuka bersamaan dengan bazar murah yang menjual barang-barang layak pakai dengan harga sangat terjangkau, di mana barang-barang tersebut merupakan hasil dari penggalangan dana sebelumnya.

Tahun 2024, Kedai Kate oleh Karang Taruna Anjir kembali dibuka dengan nuansa yang berbeda. Hal berbeda dari pelaksanaan kedai kate ini selain menggalang dana, juga menjadi sarana belajar bagi anggota Karang Taruna Anjir untuk berlatih berwirausaha. Mulai dari perencanaan ide, tahapan rintisan usaha, anggaran, hingga administrasi keuangan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana kedai Kate menjual makanan umum untuk menu berbuka puasa, Pada tahun 2024 Kedai Kate mulai menentukan ide kreasi menu sebagai produk yang dijual, dengan menganalisis pangsa pasar yang akan dituju.

Meski sempat menemui beberapa kendala, namun Kedai Kate terus menjalankan pemasaran produk serta memberikan tawaran penerimaan pesanan dalam jumlah banyak untuk menu berbuka puasa bersama. Melalui Kedai Kate, anggota Karang Taruna Anjir dapat berlatih mengamati dan menangkap peluang untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.

Nurmalia, wakil ketua Karang Taruna Anjir mengungkapkan, "Dengan kesabaran dan ketlatenan teman-teman Karang Taruna Anjir, menjadikan program Kedai Kate ini berjalan dengan baik. Melihat peluang yang diperoleh saat ini, Kedai Kate memiliki potensi untuk berkembang, yang nantinya tidak hanya sebagai sarana penggalangan dana bakti sosial saja, melainkan juga untuk mendukung program kegiatan karang Taruna Anjir lainnya". (Annisa Istika)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image