You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Peran Pemuda dalam Kegiatan Syawalan Padukuhan Anjir

Admin Hargorejo 16 April 2024 Dibaca 39 Kali
Peran Pemuda dalam Kegiatan Syawalan Padukuhan Anjir

Dalam menyukseskan kegiatan Syawalan Padukuhan Anjir, tidak terlepas dari peran para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Anjir. Meskipun tidak semua pemuda masuk dalam kepanitiaan inti, namun Karang Taruna Anjir turut serta berperan mulai dari persiapan hingga acara Syawalan selesai. Karang Taruna Anjir membantu persiapan, terutama dalam menyiapkan perlengkapan konsumsi, dekorasi serta mendampingi proses latihan santri TPA sebagai pengisi acara Syawalan. Seluruh persiapan dilaksanakan selama bulan Ramadhan, baik pada malam selepas shalat Tarawih maupun siang hari di akhir pekan.

Pada H-1 acara Syawalan, perwakilan Karang Taruna Anjir membagi tugas untuk membantu mempersiapkan lokasi juga melaksanakan gladi bersih pengisi acara Syawalan. Pada hari H pelaksanaan kegiatan Syawalan Padukuhan, Karang Taruna Anjir juga membantu persiapan pengemasan konsumsi serta tenaga sinoman. Hingga selesai acara, Karang Taruna Anjir juga membantu membersihkan lokasi Syawalan.

Kelancaran suatu kegiatan, terutama di tingkat padukuhan tidak hanya peran dari panitia acara, melainkan juga tidak terlepas dari peran pemuda, dalam hal ini adalah Sub Unit Karang Taruna Padukuhan. Peran pemuda tidak hanya dari bantuan tenaga saja, melainkan juga ide, pemikiran, dan gagasan. Harapan untuk pemuda sebagai generasi penerus, terutama di padukuhan agar ke depan mampu untuk mengambil peran-peran yang lebih besar untuk pengembangan kemampuan diri dalam bermasyarakat.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image