You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Efektivitas Pertemuan Kelompok Lansia dalam Pemantauan Kesehatan

Admin Hargorejo 06 Februari 2024 Dibaca 60 Kali
Efektivitas Pertemuan Kelompok Lansia dalam Pemantauan Kesehatan

Memasuki usia lanjut, kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menjadi prioritas. Maka dari itu, Kalurahan Hargorejo bekerja sama dengan Puskesmas Kokap 1 secara berkala menyelenggarakan edukasi dan skrining kesehatan terhadap kelompok lansia.

Kegiatan tersebut sebagaimana yang telah dilakukan di Padukuhan Anjir. Pertemuan Kelompok Lansia yang dilaksanakan setiap awal bulan, rutin diisi dengan kegiatan olahraga ringan, seperti senam, pengecekan kesehatan, seperti pengukuran berat badan, lingkar lengan, tensi, maupun gula darah, baik yang dilakukan oleh kader maupun saat ada kunjungan dari puskesmas.

Tidak lupa juga disampaikan materi edukasi dalam sesi pertemuan kelompok. Materi tersebut dapat disampaikan oleh kader lansia, maupun pihak puskesmas, seperti imbauan makan bergizi dan seimbang serta menjaga kesehatan. Bagi lansia yang memiliki riwayat penyakit, dihimbau agar cek rutin ke puskesmas. Selain itu, edukasi juga berupa motivasi agar lansia selalu menjaga kesehatan dan semangat, serta melakukan hobi sesuai kemampuan. Anjuran perilaku hidup bersih dan sehat juga disampaikan, seperti mencuci tangan pada beberapa kondisi, atau menggunakan minyak goreng maksimal 2 kali.

Diharapkan dengan adanya pertemuan Kelompok Lansia, para lanjut usia masih dapat mengakses fasilitas kesehatan dalam pemantauan kondisi serta pembiasaan hidup bersih dan sehat agar menjadi lansia bahagia.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image