You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Peran Fun Games dalam Interaksi Sosial Masyarakat

Admin Hargorejo 21 Februari 2024 Dibaca 40 Kali
Peran Fun Games dalam Interaksi Sosial Masyarakat

Manusia sebagai makhluk sosial sangat berkaitan dengan proses interaksi di lingkungan masyarakat. Interaksi sosial yang dimaksud yaitu hubungan timbal balik antara individu maupun kelompok untuk menjalin pertemanan, diskusi, kerja sama yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagaimana yang dilakukan warga Padukuhan Anjir, melaksanakan berbagai kegiatan untuk membangun interaksi sosial, salah satunya dengan kegiatan fun games.

Fun games merupakan kegiatan yang bersifat hiburan, biasanya diisi dengan perlombaan atau permainan tertentu, baik individu maupun kelompok. Masyarakat Padukuhan Anjir telah beberapa kali menyelenggarakan fun games, baik oleh Karang Taruna maupun pendatang, seperti KKN.

Lalu, apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan fun games? Simak penjelasan berikut.

1. Membangun Hubungan dengan Sesama Manusia
Dengan adanya interaksi sosial dalam fun games, masyarakat dapat saling mengenal satu sama lain sehingga terjalin hubungan antarmanusia.

2. Saling Membantu
Interaksi yang terbangun melalui fun games, memberikan peluang antarwarga dapat saling membantu, tidak hanya saat perlombaan, melainkan juga demi mencapai kebutuhan serta tujuan dalam hidup bermasyarakat.

3. Membangun Kepercayaan
Kerja sama yang terbangun dari fun games, dapat mempengaruhi masyarakat untuk saling mengenal lebih dalam dan akhirnya muncul rasa kepercayaan antarwarga.

4. Meningkatkan Kepedulian
Dengan berinteraksi sosial, masyarakat dapat mengetahui kehidupan yang dialami orang lain dan karakter yang terbentuk. Dengan mengenal kelompok masyarakat lainnya, dapat meningkatkan rasa simpati dan empati seseorang.

5. Menyatukan Perbedaan
Melalui fun games, interaksi sosial juga dapat menyatukan perbedaan, pemahaman, atau kebudayaan masing-masing masyarakat.

Jadi, fun games yang terlihat sebagai aktivitas ringan dan bersifat hiburan, ternyata juga memiliki peran untuk membangun interaksi sosial di masyarakat.

Sumber : kumparan - 5 Manfaat Interaksi Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat

Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image