You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Menciptakan Harmoni Sosial dengan Arisan

Admin Hargorejo 31 Januari 2024 Dibaca 47 Kali
Menciptakan Harmoni Sosial dengan Arisan

Sebagai warga Padukuhan kita dipastikan tidak asing lagi dengan istilah "Arisan". Arisan adalah sebuah media bagi warga masyarakat untuk berkumpul satu dengan lainnya. Tak hanya itu arisan sudah menjadi kebiasaan warga yang harus dilakoni oleh setiap individu dimana ia menetap, bertempat tinggal atau berdomisili. Arisan di tingkat padukuhan biasanya diisi dengan diskusi kecil yang ringan-ringan, membahas kerja bakti dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Senin (29/01/2024), nampak beberapa pengurus RT, RW, kader, tokoh masyarakat di Selo Timur mengadakan arisan rutin di rumah ketua RT 056. Hadir pula Dukuh Selo Timur beserta istri. Kegiatan arisan dimulai pada pukul 19.30 WIB. Acara arisan ini dilaksanakan sebulan sekali secara bergiliran di rumah peserta yang mendapatkan arisan. Sebelum dimulai, kegiatan diawali dengan berdoa yang dipimpin oleh  ketua RT 061 selaku pembawa acara.

Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan perkenalan ketua RW 016 yang baru, yaitu Jemadi. Dalam kesempatan tersebut ia juga mengusulkan agar diadakan arisan bahan bangunan  agar rumah-rumah di Padukuhan Selo Timur semuanya menjadi layak huni. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan sambutan Dukuh Selo Timur. Dalam sambutannya ia menginformasikan kepada warga bahwa akan ada kegiatan pembangketan di depan Masjid Maryam Khusain RT 063.

Usulan lain juga disampaikan oleh ketua RW 063 agar pada setiap sambutan dalam acara arisan menggunakan bahasa jawa. Selain untuk melestarikan tradisi, hal ini juga bertujuan agar semua anggota arisan menjadi lebih fasih dalam berbahasa jawa yang halus dan benar.

Dipenghujung acara adalah pembacakan pengocokan arisan yakni di rumah ketua Rt 061,acara ditutup dengan berdoa bersama pada pukul 21.20 WIB. (Ajru F)

Sumber : Nur Widayati

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image