You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mahasiswa KKN UMY Ajarkan Pembuatan Es Puter pada Peserta Didik PAUD Funny Club Sangkrek

Admin Hargorejo 19 Januari 2024 Dibaca 50 Kali
Mahasiswa KKN UMY Ajarkan Pembuatan Es Puter pada Peserta Didik PAUD Funny Club Sangkrek

Meski beberapa hari hujan deras mengguyur Padukuhan Sangkrek disertai dengan angin kencang, namun semangat para murid dan guru PAUD Funny Club untuk mengikuti kegiatan belajar-mengajar pantang surut. Pada Jum’at (19/01/2024), kegiatan paud di Balai Padukuhan Sangkrek berjalan seperti biasanya dibantu oleh beberapa mahasiswa UMY yang sedang melakukan kuliah kerja nyata di daerah tersebut. Pada awal kegiatan, para murid diajak untuk menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” bersama-sama untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air serta semangat pancasila.

Uniknya pada kegiatan paud kali ini, para mahasiswa mendemonstrasikan cara pembuatan es puter atau yang lebih dikenal dengan nama es dung-dung atau es tung tung. Alat yang digunakan pun terbilang sederhana, yakni dengan menggunakan baskom besar yang berisi es batu dan garam serta putarannya menggunakan kaleng bekas yang diberi gagang kayu di atasnya. Pada kesempatan ini, peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok dan dilibatkan secara langsung dalam proses pembuatan, seperti memutar kaleng serta membantu menyiapkan minuman perisa. Setelah itu, es yang sudah jadi dibagikan kepada peserta didik untuk dinikmati bersama. Selain mengajarkan keterampilan pada anak, kegiatan ini juga mempererat kebersamaan para murid.

 

 

Penulis : Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image