You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Posyandu Balita Ngaseman, Terapkan Lima Meja Pelayanan

Admin Hargorejo 10 Januari 2024 Dibaca 35 Kali
Posyandu Balita Ngaseman, Terapkan Lima Meja Pelayanan

Di Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, pelaksanaan posyandu balita diadakan rutin setiap bulannya pada tingkat padukuhan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita. Setiap posyandu padukuhan telah memenuhi 5 program utama posyandu balita, yakni pelayanan keluarga berencana (KB), kesehatan ibu dan anak (KIA), imunisasi, perbaikan gizi, dan penanggulangan diare. Untuk itu, kegiatan yang dilakukan di posyandu antara lain melakukan penimbangan Berat badan (BB), Panjang badan/Tinggi Badan (PB/TB), dan lingkar kepala (LK).

Pada posyandu balita, pelayanan akan dibagi dalam lima meja, seperti yang diterapkan oleh posyandu balita Padukuhan Ngaseman. Kelima meja tersebut adalah :
Meja 1 : Pendaftaran, digunakan untuk pelayanan pengisian daftar hadir bagi balita dan orang tua/wali balita.
Meja 2 : Penimbangan berat badan balita dan anak. Kegiatan ini berfungsi untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin apabila terdapat penyimpangan pertumbuhan pada balita. 
Meja 3 : Pencatatan, dilakukan dengan mengisi KMS sesuai dengan hasil penimbangan. Dari data yang diisi di KMS dapat diketahui status pertumbuhan balita,
Meja 4 : Penyuluhan kesehatan, pada setiap pertemuan, peserta akan diberikan penyuluhan di antaranya mengenai pentingnya rutin datang ke posyandu, gizi balita, kesehatan gigi, pentingnya memberikan ASI Eksklusif, MPASI, dan lain sebagainya. Selain dilakukan oleh kader posyandu, penyuluhan biasanya juga dibantu oleh tenaga kesehatan dari puskesmas terdekat.
Meja 5 : Pelayanan kesehatan berupa Imunisasi, konsultasi KB, pemberian Vitamin A, pemberian obat cacing, pengobatan ringan dan lain sebagainya. 

Posyandu balita Padukuhan Ngaseman biasanya diadakan di Rumah Dukuh Ngaseman, Puji Fatmawati. Selain kegiatan posyandu, acara juga diselingi dengan arisan untuk menambah semangat para orang tua untuk menimbangkan balitanya. Kegiatan posyandu Balita Padukuhan Ngaseman rutin diadakan pada tanggal 8 setiap bulannya.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Wiwit Sumekar

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image