You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Coco Pot dan Manfaatnya

Admin Hargorejo 26 September 2023 Dibaca 88 Kali
Coco Pot dan Manfaatnya

Pohon kelapa merupakan komoditas yang banyak tumbuh dan masih ditemui hingga saat ini di wilayah Hargorejo. Pohon dengan julukan "sejuta manfaat" ini memang dapat dimanfaatkan hampir pada seluruh bagiannya, termasuk sabut kelapa. Sabut kelapa adalah bagian yang terdiri atas kumpulan serat-serat yang ada pada buah kelapa dengan ketebalan mencapai 5 cm hingga 6 cm. Sabut kelapa banyak digunakan untuk bahan pembuatan kerajinan tangan, bagus untuk tanaman, untuk bahan bakar, dan berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu hasil dari pemanfaatan sabut kelapa adalah "Coco Pot".

Apa itu Coco Pot? Coco Pot adalah sebutan populer dari Pot Sabut Kelapa. Pot tersebut banyak digunakan untuk media tanam, seperti yang banyak ditemui untuk bunga anggrek. Mengapa tanaman hias dan peliharaan menggunakan coco pot untuk media tanam? Ternyata, coco pot memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pupuk untuk Tanaman
Sabut kelapa mengandung unsur kalium yang dapat digunakan untuk memupuk tanaman. Hal ini berfungsi untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup pada tanaman. Meskipun tanaman tersebut kering, tetap mendapat asupan air yang tersimpan pada sabut kelapa.
Sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai pupuk organik. Karena, pada sabut kelapa terdapat kandungan unsur Ca, Mg, P, K, N, Na, Cu, Fe, Mn, Zn, dan Al yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

2. Nutrisi yang Baik untuk Tanaman
Tidak hanya digunakan sebagai pupuk, manfaat pot sabut kelapa juga berfungsi sebagai nutrisi yang optimal bagi tanaman. Sabut kelapa mengandung nutrisi yang baik, terutama untuk tanaman hidroponik maupun tanaman yang berada di dalam pot. Sabut kelapa dapat diolah menjadi cocopeat yang bertujuan untuk memberikan nutrisi yang baik terhadap tanah. Dengan demikian, tanaman menjadi lebih subur karena kondisi tanah selalu gembur. Selain itu, pH pada tanah menjadi netral, tanah menjadi lebih lembab, dan kualitas tanah pada tanaman meningkat. Dapat pula mencegah munculnya gulma pada tanaman.

3. Media Tanam yang Paling Disarankan untuk Tanaman
Tanaman akan tumbuh dengan baik apabila mempunyai media tanam yang tepat. Sabut kelapa dapat dimanfaatkan untuk media tanam yang baik pada tumbuhan. Sabut kelapa berfungsi untuk mengikat unsur hara tanaman dan mampu menyimpan air dengan baik. Sehingga sabut kelapa merupakan media tanam yang baik untuk tanaman sayuran maupun buah-buahan, juga tanaman hidroponik.
Sabut kelapa sebagai media tanam yang direkomendasikan untuk tanaman, dapat dicampur dengan kompos untuk tanaman yang berada di dalam pot. Sedangkan, untuk tanaman hidroponik, sabut kelapa bisa ditambahkan dengan perlite. Tujuannya adalah agar akar pada tanaman akan lebih cepat untuk berkembang dan tumbuh. Sabut kelapa juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang baik untuk membantu pertumbuhan pada akar tanaman.

Dengan beberapa manfaat dari coco pot, maka sabut kelapa menjadi alternatif yang bagus untuk media tanam yang lebih alami.

 

 

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : tanami.co.id - Manfaat Pot Sabut Kelapa, Baik untuk Tumbuh Kembang Tanaman

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image