You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pentingnya Diskusi untuk Produktivitas Organisasi

Admin Hargorejo 18 September 2023 Dibaca 51 Kali
Pentingnya Diskusi untuk Produktivitas Organisasi

Diskusi merupakan hal yang utama untuk terus dibangun selama keberlangsungan organisasi. Dalam menjalin hubungan sesama anggota organisasi, diskusi merupakan salah satu cara yang efektif untuk dilakukan. Dampak yang mungkin terjadi apabila diskusi dalam tim/organisasi tidak dibangun adalah akan timbul banyak masalah dikarenakan perbedaan ekspektasi terhadap progress dan hambatan. Hal tersebut menjadi awal perdebatan dan memicu tindakan menyalahkan satu sama lain atas sebuah kegagalan.

Diskusi dapat disampaikan dalam bentuk pembahasan teknis maupun non teknis. Misalnya, diskusi yang membahas perencanaan program, monitoring dan evaluasi kinerja, bahkan identifikasi masalah dan hambatan yang dihadapi oleh organisasi.

Diskusi dalam tim/organisasi bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, di antaranya :

1. Terbuka dengan perspektif baru
Selama berada di lingkungan organisasi, diharapkan untuk dapat menjalin kerja sama yang baik dengan sesama anggota tim. Kerja sama dapat terjalin apabila dapat mengenali cara pandang rekan kerja. Diskusi dapat menjadi media untuk menerima cara pandang yang baru. Tujuannya untuk dapat memperoleh input positif lebih banyak, sehingga tujuan diskusi dapat tercapai dengan lebih mudah dan kerja sama tim dapat terjalin.

2. Saling Mengingatkan
Diskusi menjadi media bagi tim untuk saling mengingatkan. Tujuannya untuk menjalin rasa solidaritas dalam hubungan antaranggota yang bermanfaat bagi produktivitas selama di organisasi. Mengingatkan rekan tim ketika mereka lengah akan suatu hal menunjukkan kepedulian sesama anggota organisasi.

3. Meringankan pemecahan masalah
Diskusi dalam tim memberikan pemahaman mendalam akan program kegiatan yang sedang dikerjakan. Permasalahan dan hambatan pasti akan muncul selama organisasi berlangsung. Pemecahan masalah dalam tim akan mudah dilakukan karena ada banyak orang tergabung dalam prosesnya. Sehingga akan ada banyak waktu yang dapat digunakan untuk mengeksekusi solusi dan tidak banyak memakan waktu pada pencarian solusi. Meski hal ini sangat relatif tergantung dari beban masalah, namun jika didiskusikan bersama, akan lebih meringankan.

 

 

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : deskimo.com - Diskusi Dalam Tim: Kebersamaan Dan Produktivitas

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image