You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kiat Membangun Diskusi untuk Komunikasi Tim yang Sehat

Admin Hargorejo 18 September 2023 Dibaca 76 Kali
Kiat Membangun Diskusi untuk Komunikasi Tim yang Sehat

Tim/organisasi sangat membutuhkan diskusi dalam keberlangsungan sehari-hari sebagai media komunikasi. Diskusi sangat membantu untuk mengurangi risiko kesalahpahaman, miskomunikasi, bahkan perbedaan pendapat.

Namun, sebagai anggota dari sebuah tim/organisasi, hendaknya setiap orang yang terlibat terus membangun dan mempertahankan diskusi secara sehat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Menentukan tujuan diskusi
Tujuan diskusi diperlukan dalam memberikan gambaran akan target dan sasaran yang ingin dicapai. Hal tersebut berguna agar pembahasan sebuah topik tetap berada dalam lingkup yang dikehendaki, tidak berputar-putar dan keluar jalur. Merancang sebuah tujuan diskusi yang realistis dapat dicapai setiap orang yang termasuk di dalamnya. Seringkali dalam sebuah diskusi terjadi perdebatan dan hal tersebut adalah wajar. Namun perlu dipantau alternatif solusinya agar lebih efisien waktu.

2. Mengatur alur pembicaraan
Alur pembicaraan diperlukan untuk menciptakan suasana diskusi yang sehat. Tujuannya adalah agar dapat memberikan kesempatan yang adil bagi setiap anggota tim, seperti giliran untuk berpendapat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan seorang moderator untuk memimpin dan menunjuk anggota yang akan menyampaikan pendapat.  Kemudian lakukan sesi tanya jawab setelah setiap anggota menyampaikan pendapatnya. Dengan begitu setiap anggota merasa didengar tanpa merasa ditinggalkan.

3. Memahami rekan kerja ketika berbicara
Memahami sebuah opini membutuhkan perhatian lebih dibandingkan hanya mendengar. Tujuannya adalah untuk dapat menyamakan perspektif akan sebuah pernyataan. Cara untuk memahami rekan kerja ketika berbicara adalah lebih mendekatkan diri dan membiasakan active listening. Menurut Skillsyouneed, Active listening adalah ‘Mendengarkan secara aktif’ yang sepenuhnya berkonsentrasi pada apa yang dikatakan.

Harapannya, metode diskusi sehat yang terbangun ini dapat meningkatkan komunikasi anggota dalam organisasi.

 

 

Penulis : Annisa Istika
Referensi : deskimo.com - Diskusi Dalam Tim : Kebersamaan dan Produktivitas

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image