You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Menggiatkan Olahraga, Menjaga Kelestarian Lingkungan

Admin Hargorejo 13 September 2023 Dibaca 73 Kali
Menggiatkan Olahraga, Menjaga Kelestarian Lingkungan

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya 9 September 2023 merupakan peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). Mengambil tema "Gelanggang Semangat Pemenang" Presiden Republik Indonesia mengharapkan bahwa ekosistem besar olahraga harus senantiasa dikembangkan dan diperkuat. Tema tersebut mencerminkan semangat kompetitif dan tekad kuat meraih kemenangan serta pentingnya jiwa sportivitas dalam olahraga. Tak lupa juga akan pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari serta pembudayaan olahraga.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat mendukung kesehatan, baik secara fisik maupun jiwa. Jiwa yang sehat memiliki pemikiran yang jernih untuk tidak hanya menjaga kondisi tubuh, melainkan juga turut menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain, tetap menjaga agar selalu membuang sampah pada tempatnya, membangun sarana prasarana olahraga yang tidak merusak lingkungan, atau bahkan mengadakan kegiatan olahraga sambil membersihkan dan menjaga alam dan lingkungan sekitar.

Olahraga yang ramah lingkungan dapat menjadi alternatif, seperti yoga, berenang, mendaki, lari, dan bersepeda. Jenis olahraga tersebut tidak terlalu banyak membutuhkan perlengkapan dan menyisakan jejak karbon yang minim. Terdapat pula satu jenis olahraga yang ramah lingkungan yang disebut dengan "Plogging". Apa itu Plogging?

Plogging atau lari laun pungut adalah kombinasi dari lari laun dengan memungut sampah yang berserakan (gabungan dari kata dalam Bahasa Swedia "plocka upp" (mengambil) dan "jogga" (berlari pelan). Olahraga ini dimulai sebagai kegiatan terorganisir di Swedia sekitar tahun 2016 dan menyebar ke negara lain pada tahun 2018, menyusul meningkatnya kekhawatiran tentang polusi plastik. Plogging ini memiliki variasi gerakan tubuh dengan menambahkan membungkuk, jongkok, dan meregangkan tubuh ke tindakan utama berlari, mendaki, atau berjalan.

Plogging memberikan beberapa manfaat, di antaranya :
1. Membakar Kalori Secara Efektif
2. Membantu Tubuh Lebih Sehat dan Bugar
3. Menjaga Kelestarian Lingkungan
4. Membantu Terbebas dari Masalah Kebersihan Lingkungan

Selain menjaga kebugaran fisik dengan berolahraga, diharapkan juga dapat turut serta menjaga kelestarian alam lingkungan sekitar.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image