You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Melatih Cara Berpikir Out Of The Box

Admin Hargorejo 31 Agustus 2023 Dibaca 67 Kali
Melatih Cara Berpikir Out Of The Box

Seseorang terkadang memiliki pemikiran yang berbeda dibanding kebanyakan orang, dan tak jarang pemikiran tersebut tidak terlintas sebelumnya. Mungkin sebagian besar orang sudah sering mendengar istilah "Think Out of The Box" atau Berpikir di Luar Kotak. Apakah yang dimaksud dengan hal tersebut?

Out of the box sering dipakai untuk menggambarkan cara berpikir tanpa batasan diri, tidak konvensional, atau di luar dari yang umum (uncommon ways). Cara berpikir ini sering menghasilkan ide baru melalui perspektif yang berbeda. Think out of the box membutuhkan keberanian dan kemampuan untuk mematahkan suatu kebiasaan tertentu, seperti mencoba cara baru sebagai bentuk dobrakan kebiasaan lama. Seperti contoh, pembelajaran satuan pendidikan yang mengkombinasikan antara pelajaran kognitif dengan permainan untuk membentuk karakter dan nilai afektif siswa. Atau strategi penjualan produk yang berkolaborasi dengan dunia musik dan sebagainya.

Pemikiran out of the box dapat dikembangkan melalui beberapa cara, di antaranya :
1. Memperbanyak Baca Buku
Dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuan akan bertambah luas. Perspektif pun akan semakin bertambah.

2. Mencoba Buat Sesuatu Setiap Hari
Kinerja otak itu layaknya mesin, yang perlu dirawat agar berfungsi dengan baik. Cara merawat salah satunya dengan membiasakan otak berpikir mencari hal-hal baru.

3. Mengubah Rutinitas Sehari-hari
Terjebak dalam rutinitas dapat menghambat kreativitas seseorang. Sehingga diperlukan hal yang baru untuk memperbarui aktivitas dan keseharian.

4. Berpikir Kritis
Mengasah kemampuan berpikir kritis akan sangat membantu seseorang dalam berpikir. Dengan begitu, akan terbiasa mempertanyakan banyak hal. Dengan sikap skeptis inilah yang menjadi gerbang pengetahuan.

5. Berkumpul Dengan Orang-orang Kreatif
Lingkungan pergaulan juga berpengaruh. Memulai untuk berkenalan dengan orang-orang kreatif serta belajar dari pengetahuan dan pengalaman mereka dapat melatih cara berpikir out of the box.

6. Mengikuti Kursus
Dengan mengikuti kursus, bermanfaat untuk melatih keterampilan seseorang.

7. Berani Mencoba
Berpikir out of the box juga sebaiknya diikuti dengan keberanian untuk mencoba. Kunci dari kreativitas dan inovasi dapat dimulai dengan berani mencoba dan tidak takut akan kegagalan. Seperti pepatah, "jatuh 7 kali, bangkit lagi 8 kali".

Ketujuh cara tersebut merupakan sebagian kiat untuk melatih pemikiran out of the box. Hal tersebut diharapkan dapat melatih seseorang untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif, baik dalam menghadapi masalah maupun untuk pengembangan kapasitas diri.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Deepublish Store - Cara Menerapkan Berpikir Out of the Box dalam Pencarian Ide

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image