You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenal Gaya Hidup Minimalis

Admin Hargorejo 30 Agustus 2023 Dibaca 50 Kali
Mengenal Gaya Hidup Minimalis

Apa yang terlintas di benak kita ketika mendengar kata minimalis? mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa minimalis adalah sesuatu yang kecil, di benak kita mungkin terlintas tentang rumah minimalis yang memiliki ruangan dengan sekat-sekat yang sempit. Lalu, apa yang dimaksud dengan gaya hidup minimalis? Menurut Break The Twitch, gaya hidup minimalis atau minimalism adalah gaya hidup yang berfokus untuk meminimalkan gangguan (noise) yang bisa menghalangi untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya penting. Dengan kata lain, gaya hidup minimalis menerapkan prinsip hidup sederhana dengan melakukan hal-hal yang disukai dan mengabaikan hal-hal yang dirasa kurang penting.

Contoh dari gaya hidup minimalis adalah dengan tidak berbelanja pakaian yang mengikuti trend atau mode terbaru yang sedang trending. Orang dengan gaya hidup minimalis biasanya membeli pakaian sesuai dengan apa yang ia butuhkan, misalnya ia pekerja kantoran yang membutuhkan kemeja dan celana kerja untuk digunakan sehari-hari. Orang tersebut cenderung membeli kemeja, jas, atau pakaian resmi untuk ia kenakan saat bekerja, ia jarang membeli gaun karena mayoritas pekerja kantoran jarang menggunakan gaun. Contoh lainnya adalah dengan membawa botol air minum dari rumah saat berpergian, hal ini bukan berarti kita pelit untuk membeli minuman. Akan tetapi dengan membiasakan diri untuk membawa air minum dari rumah, kita membantu untuk mengurangi masalah sampah yang tak kunjung terpecahkan. Selain itu, dengan membawa air minum dari rumah akan lebih sehat daripada terus-terusan mengkonsumsi minuman manis dengan frekuensi yang cukup sering. 

Terdapat banyak manfaat ketika kita menerapkan gaya hidup minimalis, salah satunya adalah lebih sehat secara finansial. Hal ini dikarenakan kita mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kebutuhan merupakan sesuatu yang mendesak dan perlu kita utamakan. Sedangkan keinginan hanyalah sesuatu yang ingin dimiliki dan biasanya hanya bersifat sementara, oleh karena itu jangan sampai terlena antara keinginan dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain itu, manfaat lainnya adalah terhindar dari stress. Contohnya, kita sudah memiliki gadget normal dengan spek bagus yang masih bisa digunakan. Sedangkan teman kita membeli gadget keluaran terbaru dengan spek yang lebih bagus, muncullah perasaan iri sehingga mendorong kita untuk melakukan pinjaman online agar bisa membeli gadget seperti milik teman kita tersebut. Tanpa disadari kita tidak bisa membayar pinjaman tersebut sehingga terlilit hutang yang kian membengkak. Tentunya hal tersebut harus kita hindari, oleh karena itu marilah memulai gaya hidup minimalis agar kita dapat mengelola sesuatu dengan bijak.

 

 

Penulis : Annisa Istika (AS)
Sumber: Skill Academy

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image