You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Warga Kliripan Meriahkan HUT KEMRI dengan Menggelar Seni Jathiilan

Admin Hargorejo 28 Agustus 2023 Dibaca 39 Kali
Warga Kliripan Meriahkan HUT KEMRI dengan Menggelar Seni Jathiilan

Setiap wilayah mempunyai kebiasaan mempertunjukkan seni rakyat dalam menyambut momen-momen tertentu dalam budaya kearifan lokal setempat. Salah satunya adalah seni Jathilan. Jathilan adalah kesenian yang merupakan perpaduan antara seni tari dengan magis ini dimainkan dengan menggunakan properti berupa kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu (kepang) dan dengan property tarian lainnya. 

Dalam rangka memeriahkan HUT KEMRI ke-78 masyarakat Rt 068 dan 069 Rw 020 Padukuhan Kliripan Kalurahan Hargorejo, menggelar pagelaran seni jathilan pada hari Jum'at 25 Agustus 2023 di halaman Rumah Bapak Basuki selaku Ketua Rw 020 Padukuhan Kliripan.

Dengan diawali dengan suara tabuhan gamelan  dimulailah seni jathilan ini . Para penari lengkap dengan dandanan dan assesorisnya  mulai menari diringi gamelan, pada kesenian jathilan utamanya ketika para penari yang telah kerasukan dan pada saat pawang berusaha menyembuhan penari , disitulah keberadaan "Pawang" yaitu sosok yang memiliki peran serta tanggung jawab yang mengendalikan jalannya pertunjukkan dan menyembuhkan para penari yang kerasukan.

Untuk pengamanan keamanan dilakukan oleh personil Linmas dan karang taruna Padukuhan Kliripan,  tutur Bapak Suroto selaku warga Kliripan wilayah Rw 020 yang ikut andil dalam kegiatan tersebut. (Agus S)

Sumber : Basuki

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image