You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pelatihan Budidaya Tanaman Vanili

Admin Hargorejo 28 Agustus 2023 Dibaca 128 Kali
Pelatihan Budidaya Tanaman Vanili

Pemerintah Kalurahan Hargorejo pada Sabtu (26/08/2023) mengadakan kegiatan pelatihan budidaya tanaman vanili. Tanaman yang buahnya menghasilkan nilai jual tinggi ini begitu menarik minat masyarakat untuk membudidayakannya. Terbukti dari banyaknya masyarakat yang antusias mendaftar untuk mengikuti pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu di Balai Kalurahan Hargorejo meliputi  penyampaian materi oleh Bapak Sarimin selaku narasumber dari  BPP Kapanewon Kokap. Dalam penyampaian materi ini dijelaskan mengenai pentingnya ketelitian dan kesabaran dalam membudidayakan tanaman vanili. Tanaman Vanili memerlukan media tumbuh dari sisa-sisa tanaman yang telah lapuk antara lain sabut kelapa serta harus dirambatkan sehingga membutuhkan penyangga atau tanaman tajar sebagai rambatan seperti tanaman lamtoro, kleresede/garmal atau lebih dikenal dengan nama teresede.

Lurah Hargorejo dalam sambutan ucapan selamat datangnya menyampaikan harapan yaitu agar kegiatan yang menjadi bentuk ketahan pangan bagi warga masyarakat Hargorejo ini mampu meningkatkan pemulihan ekonomi karena nilai jual vanili yang tergolong tinggi. Peserta dimotivasi untuk melakukan kegiatan pasca pelatihan yaitu membudidayakan vanili dengan bibit yang difasilitasi oleh Pemerintah Kalurahan Hargorejo.

Setelah penyampaian materi selesai dilanjutkan sesi kedua yaitu kunjungan lapangan. Adapun lokasi kunjungan lapangan yaitu di kebun vanili Bapak Jupri di Padukuhan Teganing III Kalurahan Hargotirto. Di kebun vanili ini dijelaskan juga cara menanam serta perawatan tanaman vanili hingga masa panen, serta dipraktekkan juga cara menyerbukkan tanaman vanili. Penyerbukan tanaman vanili tidak bisa dilakukan oleh serangga sebagaimana tanaman lain pada umumnya, namun membutuhkan campur tangan manusia.

 

 

 

Penulis : Agus S.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image