You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Benarkah Penggunaan Daun Jambu Biji Cukup Efektif untuk Mengatasi Penyakit Diare?

Admin Hargorejo 28 Agustus 2023 Dibaca 91 Kali
Benarkah Penggunaan Daun Jambu Biji Cukup Efektif untuk Mengatasi Penyakit Diare?

Berdasarkan kebiasaan yang telah berkembang di masyarakat, pucuk daun/daun muda pada jambu biji atau sering disebut dengan “pupus godong jambu” sering digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi diare. Untuk pengunaannya cukup petik pucuk daun jambu biji yang muda, 1 atau 2 buah saja kemudian cuci bersih. Setelah itu kunyah pucuk daun tersebut. Penulis sendiri pernah mencobanya, rasanya agak pahit dan asam memang, akan tetapi terbukti mampu untuk mengatasi diare. Dalam jangka waktu 1-2 jam, diare dapat teratasi dan rasa mulas perlahan mulai hilang. 

Menurut dr. Bahdar T. Johan, SpPD, ahli penyakit dalam RS Premiere Bintaro menyatakan bahwa fungsi daun jambu hanyalah memekatkan kotoran. Biasanya ketika seseorang mengalami diare, kotoran akan berbentuk encer dan fungsi dari daun jambu adalah untuk memekatkan kotoran yang encer tersebut. Sehingga, daun jambu tidak berfungsi untuk mengobati namun hanya sebagai pertolongan pertama saat mengalami diare.

Terdapat efek samping ketika mengkonsumsi daun jambu untuk mengatasi diare yaitu mual, sakit perut, dan sembelit ringan pada beberapa orang. Sedangkan dalam kondisi tertentu seperti diare akibat bakteri maka perlu diberikan penanganan untuk membunuh bakteri tersebut. Sehingga, penggunaan daun jambu yang dinilai cukup efektif menurut dr. Bahdar adalah untuk menangani diare yang disebabkan oleh salah makan seperti tidak kuat makan pedas. Hal ini dikarenakan daun jambu mengandung zat yang mirip dengan attapulgite, seperti yang terkandung dalam karbon.

 

 

Penulis : Annisa Istika (AS)
Sumber:
Detik Health
Sari, Yanita Nur Indah. 2022. “Ampuhkah Daun Jambu Biji untuk Diare? Kenali Risiko Efek Samping dan Cara Mengolahnya yang Benar”, www.sehatq.com

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image