You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Daya Ingat Semakin Menurun? Berikut Kiat Memperkuat Daya Ingat

Admin Hargorejo 31 Juli 2023 Dibaca 62 Kali
Daya Ingat Semakin Menurun? Berikut Kiat Memperkuat Daya Ingat
Pernahkah anda tiba-tiba lupa saat akan mengingat atau mengerjakan sesuatu? Atau lupa ketika mengingat tentang informasi tertentu? Hal tersebut mungkin terjadi akibat melemahnya daya ingat. Daya ingat seseorang dapat menurut disebabkan oleh beberapa faktor seperti mengkonsumsi minuman keras/rokok/junk food, kurang tidur, mengkonsumsi gula dan MSG secara berlebih, kurangnya stimulasi otak, kekurangan suplai makanan, trauma, atau jarang berkomunikasi. Menurut Rony Dwi Andika, beberapa aktifitas tersebut dapat menjadi factor pemicu melemahnya daya ingat apabila terjadi dalam kurun waktu yang lama dan dengan intensitas yang sering.
 
Akan tetapi, jika sudah terlanjur kita masih dapat memperbaikinya dengan mengubah pola hidup sehari-hari. Berikut adalah kiat-kiat memperkuat daya ingat :
a) Mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung flavonoid. Menurut sebuah penelitian, kandungan flavonoid dalam buah dan sayur dapatmembantu melawan demensia (pikun) yang disebabkan radang otak. Biasanya, flavonoid dapat ditemukan pada buah dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan dan berwarna cerah seperti seledri, teh hijau, jeruk, pare, rempah, kangkung, kubis, beri, bawang, anggur, tomat, dan lain sebagainya.
b) Olahraga secara teratur. Diantara olahraga yang dapat membantu menyehatkan sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat antara lain jalan kaki ( 15 menit, 3 kali dalam seminggu) serta senam (45 menit, 3 kali dalam seminggu) (Rony Dwi Andika, 2015: 135).
c) Melakukan berbagai aktivitas positif seperti tidur siang, tertawa, bermain bingo (permainan dengan mencocokkan angka), bermain teka-teki, melakukan latihan konsentrasi, dan mendengarkan musik. Menurut penelitian, music sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif seseorang.
d) Minum air putih yang cukup. Menurut buku berjudul Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi, kekurangan air 1¾rat badan dapat menggangu kerja otak dan kemampuan berpikir, jika kekurangan air 2% maka dapat mengakibatkan penuruan konsentrasi dan daya ingat sesaat.
e) Aktif bersosialisasi. Dengan bersosialisasi memungkinkan seseorang terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.(alodokter.com)
 
 
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image