You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Bersama Perangi Polusi Sampah Plastik di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Admin Hargorejo 08 Juni 2023 Dibaca 217 Kali
Bersama Perangi Polusi Sampah Plastik di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Setiap tahunnya, 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya alam serta penghijauan di Bumi. Pada 2023, tema peringatan hari lingkungan hidup sedunia adalah "Menangani Sampah Plastik". Tema tersebut merupakan bentuk seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Berdasarkan worldenvironmentday.global, sekitar 430 juta ton plastik diproduksi dalam setahun, di mana ⅔ nya produk sekali pakai yang akan menjadi sampah. Hal ini dikarenakan plastik mudah diproduksi dengan biaya yang lebih terjangkau. Selain itu juga plastik dinilai fleksibel dan mudah untuk dibawa.

Namun, polusi plastik dapat berdampak merusak ekosistem kehidupan, kesehatan dan kesejahteraan, bahkan ekonomi global. Mengatasi polusi plastik membutuhkan pendekatan yang mengatasi semua tahapan siklus hidup plastik, mulai dari produksi, konsumsi, hingga manajemen pembuangan, serta mengurangi polusi dan limbah pada setiap tahap. Pendekatan tersebut juga membantu keseimbangan ekonomi kebutuhan dengan perhatian mengenai efek dari polusi plastik.

Strategi penanganan polusi sampah plastik dapat dilakukan dari lingkup individu, di antaranya dengan :

1. Menggalang kepedulian terhadap kegiatan yang menangani soal krisis polusi plastik
2. Bekerja sama dengan sukarelawan pembersih sampah
3. Membiasakan perilaku menghindari penggunaan plastik sekali pakai selain dalam situasi mendesak
4. Membiasakan membawa tas belanja dan mengurangi penggunaan plastik secara berlebihan
5. Menggunakan produk yang dapat digunakan berkali-kali dan dapat diperbaiki, serta dapat didaur ulang ketika sudah tidak dapat lagi digunakan

Dengan perilaku dan kebiasaan individu yang dilakukan oleh semua orang terhadap masalah polusi plastik, maka kemajuan sedang dibuat dan momentum sedang dibangun. Diharapkan agar semua orang bahu membahu serta tidak mudah putus asa agar dapat tercipta lingkungan hidup yang sehat.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : worldenvironmentday.global - World Enviroment Day 2023 "Beat Plastic Pollution"

Sumber gambar : Yuli Setiawan, potret pengelola wisata Pantai Mlarangan Asri, Pleret, Panjatan

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image