You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir : Masih Dalam Suasana Meramaikan Hari Lansia Nasional 2023

Admin Hargorejo 05 Juni 2023 Dibaca 60 Kali
Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir : Masih Dalam Suasana Meramaikan Hari Lansia Nasional 2023

Pada awal Juni 2023, tepatnya Kamis (01/06/2023) di Balai Padukuhan Anjir, pertemuan rutin lansia diadakan. Pertemuan bulan Juni ini istimewa, dikarenakan masih dalam suasana peringatan hari lansia nasional tahun 2023.

Sebagaimana diketahui, bahwa hari lansia nasional diperingati setiap tanggal 29 Mei. Peringatan Hari Lansia Nasional merupakan upaya penghargaan dan kepedulian terhadap orang lanjut usia (lansia) yang tinggal di Indonesia. Lansia adalah seseorang yang telah berusia lebih dari 60 tahun, ada yang mengalami penurunan kemampuan beradaptasi, dan tidak berdaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seorang diri.

Bagi lansia, kesehatan merupakan hal yang patut untuk disyukuri. Inilah yang mendasari pertemuan Lansia Padukuhan Anjir, untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran lansia. Pertemuan Lansia bulan Juni ini diawali dengan kegiatan senam bersama, yang merupakan senam pertama setelah Bulan Ramadhan dan Syawal 1444 H. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan lansia, bersamaan penyampaian edukasi dari kader kesehatan lansia.

Beberapa hal yang disampaikan dalam edukasi tersebut, di antaranya :

1. Pentingnya apresiasi terhadap peran lansia dalam pembangunan negara
2. Lansia dapat berkontribusi terhadap negara dengan upaya mewujudkan masyarakat lansia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat
3. Lansia diharapkan tetap bahagia serta menjaga kesehatan dan kebugaran, dengan lebih memperhatikan kondisi fisik dan psikis.

Sesuai dengan tema peringatan hari lansia nasional tahun 2023, yaitu "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat", sehingga sebagai warga negara Indonesia, disarankan menghormati dan merawat lansia dengan baik. Meluangkan waktu untuk mendekatkan diri bersama mereka dan mendengarkan keluh kesahnya. Memberi mereka perhatian dan menunjukkan kasih sayang kepada mereka dapat membantu kebahagiaan lansia yang berpengaruh baik terhadap kesehatan lansia.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : Kemenkes RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image