You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Makna Kebangkitan untuk Pemuda

Admin Hargorejo 05 Juni 2023 Dibaca 83 Kali
Makna Kebangkitan untuk Pemuda

Sejarah telah membuktikan bahwa pemuda adalah salah satu pilar yang memiliki peran besar dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut dibuktikan dengan peran pemuda dalam awal mula kebangkitan bangsa dengan organisasi Boedi Utomo (EYD : Budi Utomo). Karena itu, generasi muda diharapkan menjadi cermin ketangguhan dalam kebersamaan untuk mendorong makna Kebangkitan Nasional.

Momentum Kebangkitan Nasional seharusnya menjadi pemantik sikap optimis bahwa seluruh lapisan masyarakat dapat menghadapi tantangan dan persoalan bangsa secara bersama-sama. Namun, generasi muda dapat menjadi penggerak sesungguhnya seperti sejarah dan sesuai dengan cita-cita Budi Utomo. Pemuda penerus bangsa diharapkan dapat menangkap makna dan semangat kebangsaan yang telah dinyalakan oleh para pendahulu bangsa. Sehingga, pemuda mengupayakan untuk mengatasi tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini dan masa depan.

Hal tersebut dapat dimulai dengan yang paling sederhana pada lingkup terkecil, yaitu berpartisipasi dalam organisasi. Dengan partisipasi aktif dari pemuda, dapat menumbuhkan rasa cinta serta memiliki sehingga apa yang terjadi, baik permasalahan maupun hal yang perlu ditindaklanjuti dapat memantik semangat pemuda untuk terus bergerak.

Menumbuhkan sikap positif dan berperan dalam program kegiatan yang berorientasi pada pengabdian masyarakat, dapat mejadikan teladan bagi masyarakat serta menggelorakan visi, misi, dan tujuan untuk mengisi kebangkitan bangsa dengan hal-hal yang bermanfaat.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : skominfo.kaltimprov.go.id - Generasi Muda Jadi Cermin Ketangguhan Dalam Kebersamaan

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image