You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Liburan Asik ke Kebun Binatang untuk Anak

Admin Hargorejo 05 Juni 2023 Dibaca 116 Kali
Liburan Asik ke Kebun Binatang untuk Anak

Liburan merupakan momentum yang tepat untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Berlibur dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, baik alam, tempat bersejarah, taman bermain dan sebagainya.
Memiliki anak yang masih kecil, misalkan usia PAUD dan TK, mengunjungi obyek wisata kebun binatang dapat menjadi pilihan. Selain memperoleh waktu menyenangkan untuk berlibur, mengajak anak-anak ke kebun binatang memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat mengajak anak ke kebun binatang? Simak ulasan berikut.

Di kebun binatang, anak dapat melihat beranekaragam hewan yang sebelumnya belum pernah dilihat atau didengar. Tak hanya dapat bertemu langsung, dalam beberapa kesempatan, si kecil juga dapat memiliki kesempatan untuk berfoto bersama dan memberi makan.

1. Bermain sambil Belajar
Dengan berjalan-jalan di kebun binatang, secara tidak langsung anak akan lebih bersemangat untuk belajar hal-hal baru, seperti penambahan kosakata, jenis hewan, serta belajar memahami tulisan dan gambar dari papan informasi yang tersedia.

2. Membantu Anak Bereksplorasi
Kemampuan motorik dan akademik anak akan berkembang saat berada di lingkungan baru. Anak akan belajar beradaptasi dan mengeksplorasi serta menumbuhkan rasa ingin tahu dengan apa yang ada di kebun binatang.

3. Mampu Mengendalikan Rasa Takut
Binatang yang beragam dan bervariasi dari bentuk dan ukurannya tak jarang membuat si kecil takut. Namun, anak belajar mengendalikan rasa takut dan mengelola keyakinan bahwa kondisi yang sedang dialami adalah aman. Selain itu, saat memberi makan atau berinteraksi, anak mampu belajar mempertimbangkan keamanan untuk dirinya.

4. Belajar Memahami Aturan
Berada di lingkungan baru, memberikan wawasan bagi anak untuk belajar memahami peraturan yang ada, seperti tidak boleh membuang sampah sembarangan serta memberi makan hewan selain di zona memberi makan (petting zone).

Mengajak anak pergi ke kebun bermanfaat sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan hubungan antara orang tua dan si kecil. Berjalan-jalan melihat beragam jenis binatang, serta berdikusi tentang hewan tersebut, dapat membuat hubungan dengan anak makin erat.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kemdikbud RI
kumparan.com - 5 Manfaat Ajak Anak ke Kebun Binatang

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image