You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Karya Wisata untuk Pengembangan Organisasi

Admin Hargorejo 05 Juni 2023 Dibaca 74 Kali
Karya Wisata untuk Pengembangan Organisasi

Sebuah organisasi memiliki berbagai program kerja yang dilaksanakan, baik secara rutin maupun memiliki jangka waktu tertentu. Dalam melaksanakan program yang telah direncanakan, diperlukan kontribusi seluruh anggota untuk mewujudkan program kegiatan yang efektif dan efisien. Namun, terdapat beberapa hal yang memiliki kemungkinan sebagai kendala dalam keberlangsungan organisasi, seperti rasa jenuh dan bosan, malas, demotivasi, serta kekurangan ide dan kreasi.

Untuk meminimalisasi kendala-kendala yang mungkin terjadi, maka organisasi pada umumnya mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan kembali kondisi anggota. Salah satu yang umum dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan karya wisata. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan karya wisata organisasi adalah sebagai berikut.

1. Memacu Kemunculan Ide dan Kreativitas Anggota
Dengan menyegarkan kembali pikiran dan kondisi anggota akibat rasa jenuh, bosan, dan malas, karya wisata organisasi dapat menjadi alternatif untuk kembali memacu ide serta inspirasi untuk kembali berkreasi dan berinovasi.

2. Meningkatkan Pengetahuan dari Obyek Wisata
Obyek wisata alam, perairan, maupun tempat bersejarah dapat menambah wawasan anggota untuk mempelajari hal-hal yang ada, seperti sejarah, geografis, maupun perawatan lokasi.

3. Meningkatkan Rasa Nasionalisme
Mengunjungi obyek wisata lokal mampu meningkatkan kesadaran bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang beranekaragam serta mengandung nilai-nilai filosofis, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air yang semakin dalam.

4. Membangun Inspirasi Program Kerja
Organisasi dapat mengadopsi beberapa sistem yang ada pada lokasi wisata untuk diterapkan, baik dari segi manajemen pariwisata, pengelolaan pendapatan, penyediaan fasilitas dan infrastruktur, hingga inspirasi industri kreatif dan pangsa pasar yang berpotensi.

Dengan beberapa manfaat yang diperoleh dari kegiatan karya wisata organisasi, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan anggota untuk menambah wawasan, motivasi, dan kreativitas dalam mewujudkan program kegiatan yang baik demi keberlangsungan organisasi yang aktif.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image