You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Lele Anti-Rungkad Bersama Kelompok Poklahsar Lancar Migunani Anjir dalam Lomba Gerbang Segoro

Admin Hargorejo 23 Juni 2023 Dibaca 148 Kali
Lele Anti-Rungkad Bersama Kelompok Poklahsar Lancar Migunani Anjir dalam Lomba Gerbang Segoro

Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan peluang bagi warga masyarakat untuk dapat berinovasi melalui kegiatan kelompok. Salah satunya adalah melalui kelompok pengolah dan pemasar ikan (Poklahsar). Begitu juga bagi kelompok pengolah dan pemasar Poklahsar Lancar Migunani, Padukuhan Anjir, Kalurahan Hargorejo. Kelompok yang produk unggulannya adalah olahan lele "Anti-Rungkad" ini pernah mendapat bantuan Dana Keistimewaan pada tahun 2022 berupa bantuan peralatan pengolahan.

Hari ini, Jum’at (23/06/2023) sebagai tindak lanjut dari bantuan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo mengadakan lomba gerbang segoro kategori Poklahsar yang bertempat di Poklahsar Lancar Migunani Padukuhan Anjir. Gerbang segoro adalah gerakan membangun dengan semangat goyong royong yang merupakan program unggulan dari DKP dengan berbagai macam kegiatan, seperti lomba-lomba, bantuan perikanan, dan sebagainya. Lomba dimulai dengan penampilan lagu dan yel-yel dari kelompok sebagai bentuk penyambutan pada kedatangan tim penilai dilanjutkan ucapan selamat datang dari Panewu Kokap, Bapak Yulianta Nugraha, S.IP, M.Si. Lomba ini juga dihadiri langsung oleh kepala DKP yaitu Bapak Ir. Trenggono Tri Mulyo, M.T.

Dalam pelaksanaannya, kelompok Poklahsar Lancar Migunani ini bekerjasama dengan Pokdakan Mino Handayani Padukuhan Anjir. Kerjasama ini dalam hal penyediaan bahan baku yaitu lele yang disebut lele “Anti Rungkad” sebagai harapan agar usaha budidaya dan produksi lele mereka lestari dan tidak mengalami kerugian.

Dalam sambutannya, Lurah Hargorejo, Bhekti Murdayanto, S.E. mengungkapkan bahwa harapannya dalam lomba ini Poklahsar Lancar Migunani bisa mendapat juara 1 dan produk kelompok ini semakin eksis serta dikenal luas oleh masyarakat sehingga mampu meningkatkan pendapatan keluarga dan memasyaratkan budaya gemar makan ikan. (Ajru Fajriyah) 

Sumber : Savira DC

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image