You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

LIP Adakan Bimtek Pembuatan Simpisia Rempah di Gunung Rego

Admin Hargorejo 13 Juni 2023 Dibaca 70 Kali
LIP Adakan Bimtek Pembuatan Simpisia Rempah di Gunung Rego

Bertempat di Sekretariat KWT Melati Padukuhan Gunung Rego, Lembaga Independent Pinihan menggelar bimtek terkait pembuatan simplisia rempah bersama Bapak Siswanto dari Muslemhelfen sebagai narasumber kegiatan. Bimtek ini diselenggarakan pada hari Selasa (13/06/2023). Pada kesempatan ini, peserta bimtek juga didampingi  oleh koordinator BPP Kapanewon Kokap, Ulu-Ulu Hargorejo, serta Dukuh Gunung Rego.

Selain teori tentang pembuatan simplisia rempah, narasumber juga mempraktekkan tentang tatacara pembuatan simplisia. Simplisia sendiri merupakan bahan kering yang terbuat dari rempah yang belum dicampur bahan lain sebagai bahan baku obat herbal. Pembuatan simplisia secara garis besar sebenarnya sederhana, yaitu dimulai dari pemilihan bahan rempah seperti jahe, temu lawak, dan sebagainya dilanjutkan dengan pengupasan, pencucian, penirisan, pengirisan/perajangan dan penjemuran. Pada proses penjemuran dapat menggunakan rumah surya atau bisa juga dilakukan secara manual di bawah sinar matahari.

Simplisia ini dapat dipasarkan ke perusahaan-perusahaan  obat atau farmasi dengan syarat memenuhi kriteria sehat dan bersih serta safety dalam proses pembuatan seperti penggunaan masker, sarung tangan, celemek, pakaian kerja, dan tutup kepala bagi pekerja/pembuat produk.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Savira DC.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image