You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Hari Pendidikan Nasional, Pentingnya Pendidikan Non Akademik untuk mendukung Prestasi

Admin Hargorejo 04 Mei 2023 Dibaca 127 Kali
Hari Pendidikan Nasional, Pentingnya Pendidikan Non Akademik untuk mendukung Prestasi

Tanggal 2 Mei merupakan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Pada tahun 2023, tema yang diambil pada peringatan Hardiknas adalah "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar". Sebagaimana diketahui, bahwa konsep merdeka belajar memfokuskan pada pengembangan minat dan bakat peserta didik sehingga kompetensi dan karakternya akan terbentuk.

Pendidikan adalah usaha berencana untuk membangkitkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar siswa atau peserta didik dapat secara aktif dalam mengembangkan potensi diri. Umumnya, pendidikan menjadi tolok ukur kualitas setiap orang. Pendidikan merupakan aktivitas yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan, seperti pembelajaran dalam pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan dari suatu kelompok yang diturunkan dari setiap generasi ke generasi berikutnya.

Sebagian masyarakat menganggap bahwa pendidikan hanya sebatas pada bidang akademik. Namun, sesuai dengan tujuan pendidikan yakni menciptakan insan yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, kreatif, mandiri serta agar menjadi warga negara yang baik, pendidikan non akademik menjadi berperan dalam mendukung prestasi seseorang.

Pendidikan non akademik merupakan pendidikan yang berkaitan dengan minat dan bakat yang dimiliki seseorang, terutama peserta didik. Bidang non akademik yang biasa diikuti oleh peserta didik umumnya pada bidang olahraga, seni, keagamaan, maupun organisasi.
Pendidikan non Akademik dapat menjadi fasilitas peserta didik dalam meningkatkan kepercayaan diri serta semangat dalam menekuni sesuatu. Peserta didik juga dapat belajar untuk menghadapi kendala yang muncul dan tidak mudah menyerah, serta mengasah pemikiran kreatif dan inovatif untuk berkembang. Jika peserta didik telah terbiasa melakukan sesuatu dengan tekun dan telaten, maka diharapkan peserta didik juga mampu menekuni bidang akademik sehingga dapat meningkatkan prestasinya, baik prestasi akademik maupun non akademik.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kompasiana.com - Pengaruh Prestasi Non Akademik pada Pembelajaran Akademik

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image