You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kegiatan Larvaciding Oleh Juru Malaria Desa

Admin Hargorejo 26 Mei 2023 Dibaca 86 Kali
Kegiatan Larvaciding Oleh Juru Malaria Desa

Kawasan pegunungan menoreh menjadi wilayah yang banyak ditemukan kasus malaria. Di sana ditemukan beberapa jenis nyamuk penyebab malaria. “Apabila ada penderita malaria yang datang ke pegunungan Menoreh, hasilnya ya jadi rentan karena tingkat penularannya tinggi. Spesies nyamuk anopheles yang menyebabkan sakit malaria di pegunungan Menoreh itu lengkap, ” kata koordinator Juru Malaria Desa dari Puskesmas Kokap 1" , disaat kami hubungi pada Selasa 23 Mei 2023 .

Sementara di tahun 2022, kasus malaria di Kulon Progo mencapai 97 kasus. Kasus-kasus tersebut ada juga yang import dari daerah lain. Karena kasus di Purworejo itu belum terkendali, jadi beberapa kasus di Kulon Progo adalah import dari Purworejo.

Sejauh ini Puskesmas Kokap 1 dengan dibantu oleh juru Malaria Desa (JMD) sebanyak 8 orang untuk mengampu 16 Padukuhan yang berada di wilayah Kalurahan Hargorejo telah melakukan kelambunisasi. Selain itu JMD juga berperan aktif mencari survailen vector dan home visit di wilayah yang disinyalir ada tempat perindukan nyamuk, seperti di anak -anak sungai atau parit , penampungan air terbuka, bekas kolam ikan yang tidak terpakai hingga sungai di tengah pegunungan yang ada di wilayah kalurahan hargorejo. Kegiatan larvaciding yang dilakukan oleh JMD adalah dengan meneliti jentik, apabila ada diambil pakai cawan dan diambil menggunakan pipet untuk diteliti jenisnya serta untuk melakukan tindakan larvasida dengan menaburkan obat larvago. (Agus S)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image