You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pertemuan Lansia Anjir : Pentingnya Edukasi Makanan Bergizi untuk Lansia

Admin Hargorejo 02 Mei 2023 Dibaca 87 Kali
Pertemuan Lansia Anjir : Pentingnya Edukasi Makanan Bergizi untuk Lansia

Pada Senin, (01/05/2023) Kelompok Lansia Padukuhan Anjir mengadakan pertemuan rutin yang berlokasi di Pendopo Padukuhan Anjir. Pada pertemuan tersebut, dilaksanakan beberapa kegiatan seperti biasa, yaitu pemeriksaan kesehatan lansia, acara pertemuan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Lansia, serta edukasi lansia oleh kader kesehatan.
Sesi edukasi yang disampaikan oleh kader kesehatan lansia yaitu mengenai makanan bergizi yang dianjurkan untuk konsumsi lansia.
Bersumber dari Kementerian Kesehatan, bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh lansia, di antaranya:

a. Makanan pokok sebagai sumber karbohidrat digunakan sebagai energi , seperti nasi (beras merah tumbuk, beras putih dll), jagung, ubi, singkong,sagu, kentang, talas, sukun, bihun, mie, roti gandum dan havermut)

b. Lauk pauk sebagai sumber protein, lemak dan mineral.
      1. Sumber makanan hewani : ikan (dianjurkan ikan teri, ikan kembung basah
          dan segar), daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, telur  dan susu rendah lemak dan lainnya
      2. Sumber makanan nabati : tempe, tahu dan kacang kacangan serta  olahannya

c. Sayuran berwarna sebagai sumber vitamin dan mineral serta serat seperti  bayam, kangkung, wortel, brokoli, labu kuning, labu siam, dan lalapan  sayuran segar lainnya

d. Buah berwarna : pepaya, pisang, jeruk manis, alpukat, apel, dan lain-lain.

e. Makanan sumber zat besi seperti hati sapi, hati ayam, daging ayam, daging  sapi, sayuran berwarna hijau (bayam) dan kacang kacangan

f. Makanan sumber kalsium seperti : ikan (contoh ikan teri basah dan segar),  sayur hijau (sawi hijau, daun singkong, daun pakis/paku) dan buah  (jeruk, pisang, jambu biji, pepaya, alpukat, apel, strawberry, buah naga) dan sebagainya.

g. Minum air putih minimal 8 gelas sehari

Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir bulan Mei ini juga menyediakan sajian makanan bergizi untuk dinikmati bersama oleh seluruh anggota kelompok lansia. Diharapkan pertemuan kali ini memberikan manfaat dan contoh bagi lansia dalam menyajikan makanan bergizi untuk dikonsumsi pada usia lanjut. (Annisa Istika)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image