You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Tingkatkan Budaya Literasi Sejak Dini

Admin Hargorejo 15 Mei 2023 Dibaca 80 Kali
Tingkatkan Budaya Literasi Sejak Dini

Budaya membaca sejak dini sangatlah penting bagi perkembangan seseorang. Membaca adalah kegiatan yang dapat memperkaya pengetahuan, memperluas wawasan, dan meningkatkan kemampuan bahasa. Oleh karena itu, orang tua dan guru perlu mendorong anak-anak untuk membaca sejak usia dini.

Membaca sejak dini dapat membantu anak-anak meningkatkan kemampuan bahasa. Dengan membaca, anak-anak akan terbiasa dengan kosakata baru dan struktur kalimat yang benar. Mereka juga akan belajar cara menyusun kalimat yang baik dan benar. Dalam jangka panjang, kemampuan bahasa yang baik akan membantu anak-anak dalam berkomunikasi dengan baik dan mengekspresikan diri dengan lebih jelas.

Selain itu, membaca sejak dini juga dapat memperluas wawasan anak-anak. Lewat buku, anak-anak dapat mempelajari hal-hal yang belum mereka ketahui sebelumnya. Mereka dapat belajar tentang sejarah, budaya, dan ilmu pengetahuan. Dengan membaca, anak-anak akan memiliki pengetahuan yang lebih luas dan berkembang menjadi individu yang lebih cerdas, kreatif, dan inovatif.

Budaya membaca sejak dini juga membantu meningkatkan daya ingat anak-anak. Ketika anak membaca, ia harus memusatkan perhatian pada apa yang sedang dibaca. Ini membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat anak. Selain itu, membaca juga dapat membantu anak-anak lebih mudah mengingat informasi yang telah dipelajari.

Namun, sayangnya, di era digital ini, kebiasaan membaca semakin menurun. Anak-anak lebih sering menghabiskan waktunya di depan layar gadget daripada membaca buku. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan guru untuk mendorong anak-anak untuk membaca sejak dini. Mereka bisa memberikan buku-buku yang menarik dan sesuai dengan minat anak-anak. Orang tua juga bisa mendorong anaknya untuk mengunjungi perpustakaan yang telah dimiliki oleh Kalurahan Hargorejo. Swapustaka Hargorejo saat ini telah memiliki banyak koleksi buku sehigga anak-anak bisa memilih buku yang ia sukai. Selain itu, orang tua dan guru juga bisa membaca bersama anak-anak untuk memberikan contoh dan memperkuat kebiasaan membaca.

Dalam kesimpulannya, budaya membaca sejak dini sangatlah penting bagi perkembangan anak-anak. Membaca membantu meningkatkan kemampuan bahasa, memperluas wawasan, dan meningkatkan daya ingat. Oleh karena itu, orang tua dan guru perlu mendorong anak-anak untuk membaca sejak usia dini agar mereka tumbuh menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan inovatif. (Rulyanto)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image