You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pelimpahan Tanggung Jawab Sosial kepada Pemuda dalam Pengabdian Masyarakat

Admin Hargorejo 10 Mei 2023 Dibaca 113 Kali
Pelimpahan Tanggung Jawab Sosial kepada Pemuda dalam Pengabdian Masyarakat

Karang Taruna didefinisikan sebagai suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang menjadi wadah sarana pengembangan setiap anggotanya, yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda yang bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Pemuda dalam Karang Taruna memiliki peranan sangat penting bagi tumbuh kembangnya kegiatan yang dilakukan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh para pemuda dalam Karang Taruna Anjir beberapa waktu lalu, di mana mendapatkan tugas untuk mengatur sebuah perencanaan kegiatan pada tingkat Padukuhan, yaitu Syawalan Padukuhan Anjir dan Kirab Budaya Peringatan Hari Jadi Kalurahan Hargorejo ke 76 tahun.
Berdasarkan rapat koordinasi awal, Karang Taruna dalam persiapan kegiatan Syawalan Padukuhan Anjir mendapatkan bagian tanggung jawab sebagai berikut.

1. Panitia Pengisi Acara, di mana Karang Taruna mendapatkan tugas mengurus pentas pengisi acara syawalan
2. Seksi Dekorasi, di mana Karang Taruna mendapatkan tugas untuk menyusun desain dekorasi panggung
3. Juru Ladi, Karang Taruna mendapatkan tugas untuk menyajikan hidangan kepada tamu acara
4. Karang Taruna juga mendapatkan tugas untuk keamanan serta parkir dari tamu maupun pembicara
5. Seksi Dokumentasi, di mana Karang Taruna bertanggung jawab dari dokumentasi awal hingga menghasilkan output berupa tayangan foto dan video

Sedangkan dalam persiapan kontingen Padukuhan Anjir pada kegiatan Kirab Budaya Hari Jadi Kalurahan Hargorejo, Karang Taruna mendapatkan tugas sebagai berikut.
1. Konseptor kontingen, di mana Karang Taruna mengonsep mulai dari tema, susunan dan urutan barisan, properti dan bagian yang diperlukan hingga penampilan kontingen
2. Pengelola keuangan, Karang Taruna mengelola keluar masuknya keuangan untuk kebutuhan kontingen
3. Pendamping barisan, di mana Karang Taruna bertugas mengatur barisan, lalu lintas di sekitar barisan, komando saat akan mempersembahkan penampilan, bahkan bertanggung jawab akan kelengkapan barisan mulai dari berangkat hingga pulang
4. Seksi Logistik, Karang Taruna berperan mambawa dan membagikan makanan minuman kepada setiap anggota dari kontingen
5. Seksi Dokumentasi

Dengan penugasan yang diberikan kepada Karang Taruna, diharapkan dapat menekan apatisme pemuda terhadap lingkungan sekitar dan memupuk tanggung jawab sosial pada masyarakat, bahwa pemuda merupakan agen perubahan. Peningkatan pemahaman pemuda sebagai agen perubahan, maka dapat mengembangkan kemampuan pemuda untuk membangkitkan energi, inspirasi, antusiasme masyarakat, baik mengaktifkan, menstimulasi, maupun mengembangkan motivasi warga untuk bertindak dan berperan aktif dalam setiap kegiatan positif di masyarakat.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : Jurnal Civics – Peran Karang Taruna dalam Mewujudkan Tanggung Jawab Sosial Pemuda sebagai Gerakan Warga Negara

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image