You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Karang Taruna Anjir Menerapkan Evaluasi Untuk Perbaikan Setiap Kegiatan

Admin Hargorejo 18 April 2023 Dibaca 76 Kali
Karang Taruna Anjir Menerapkan Evaluasi Untuk Perbaikan Setiap Kegiatan

Masih dalam suasana Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, warga masyarakat Padukuhan Anjir berencana menyelenggarakan acara halal bil halal atau biasa disebut dengan syawalan Padukuhan. Acara yang direncanakan pada 24 April 2023 melibatkan peran dari berbagai pihak di Padukuhan Anjir, tak terkecuali Karang Taruna.

Seperti yang direncanakan bahwa Karang Taruna mempersiapkan kegiatan pengisi acara pentas syawalan. Pentas syawalan tersebut menyertakan santriwan santriwati TPA Masjid Darussalam, sehingga diperlukan latihan sebagai persiapan untuk suksesnya penampilan.

Latihan yang dilakukan telah berlangsung beberapa kali pada hari-hari libur atau akhir pekan. Dalam kegiatan latihan tersebut, Karang Taruna menerapkan bagian yang tidak kalah pentingnya untuk kematangan peserta pentas yaitu evaluasi. Evaluasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengukur atau menilai terhadap kegiatan agar tetap sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Karang Taruna Anjir melaksanakan evaluasi setiap sesi latihan berakhir. Atau juga disampaikan evaluasi singkat di pertengahan latihan sehingga dapat secara langsung diaplikasikan oleh peserta dalam memperbaiki kesalahan. Evaluasi yang disampaikan oleh Karang Taruna pada akhir maupun pertengahan sesi latihan diikuti dengan pemberian contoh yang tepat, sehingga peserta mendapatkan gambaran untuk melakukan koreksi dan meminimalisasi risiko kesalahan.

Isnaini Lutfi selaku ketua tim pelatih dari Karang Taruna menyampaikan, "Layaknya pepatah 'Witing Tresna Jalaran Saka Kulina', kami berharap para peserta latihan dapat meresapi setiap saran dan perbaikan dari kami, sehingga semakin tumbuh rasa cinta dan meningkatkan minat adik-adik pada suatu kegiatan tertentu. Di mana selalu kami sampaikan bahwa evaluasi yang Karang Taruna lakukan semata-mata hanya untuk memotivasi dan membangkitkan daya juang adik-adik untuk terus meningkatkan kemampuan dan tidak mudah menyerah, bukan untuk memadamkan semangat atau bahkan mempermalukan. Semoga dengan ini, kami dapat memupuk kekuatan mental anak-anak sedari dini."

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image