You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Bentuk Kepedulian Warga Katholik RT 25 Padukuhan Ngaseman

Admin Hargorejo 18 April 2023 Dibaca 87 Kali
Bentuk Kepedulian Warga Katholik RT 25 Padukuhan Ngaseman

Sebagai masyarakat dengan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang masih terjaga, gotong royong dan peduli sesama menjadi hal yang dianggap bernilai tinggi. Kepedulian terhadap sesama tidak harus berwujud materi, melainkan dapat diimplementasikan dalam bentuk immaterial (nonmateri), seperti memberikan rasa kasih sayang dan mendoakan sesama.

Sebagai wujud solidaritas terhadap sesama, warga Katholik RT 25 Padukuhan Ngaseman yang juga merupakan anggota kelompok UMKM Mekar Dua Ngaseman, mengadakan kegiatan sosial berupa bersih-bersih ke rumah salah satu warga Katholik RT 25 Padukuhan Ngaseman yang sedang sakit dan harus dirawat opname. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan secara bersama-sama yang berlokasi di rumah pasien dan bertujuan agar ketika pasien sudah boleh pulang, rumah dalam keadaan bersih dan siap untuk ditempati. Diharapkan dengan kondisi rumah yang bersih, dapat membantu percepatan kesembuhan dan pemulihan kesehatan pasien.

Hal lain yang melatarbelakangi kegiatan bersih-bersih ini, dilakukan mengingat sang istri yang juga bekerja di Mekar Dua kerepotan untuk membersihkan rumah karena keadaan fisik yang tidak memungkinkan. Selain itu, fokus dari istri pasien juga tidak dapat terbagi selama merawat dan menunggu sang suami opname, sehingga persiapan kondisi rumah untuk pasien ketika telah dibolehkan pulang tidak diutamakan.

Nilai baik yang dapat diteladani dari kegiatan bersih-bersih tersebut diharapkan dapat meringankan beban keluarga yang dibantu, sehingga mampu menjadi dukungan moril yang memaknai rasa kekeluargaan di masyarakat.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kemiyati

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image