You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

DUTA REMAJA PEDULI STUNTING

Admin Hargorejo 14 April 2023 Dibaca 112 Kali
DUTA REMAJA PEDULI STUNTING

Hargorejo merupakan salah satu Kalurahan yang memiliki jumlah penduduk tergolong besar di Kabupaten Kulon Progo. Hampir 10.000 jiwa yang tercatat pada administrasi pemerintahan kalurahan Hargorejo. Penduduk usia remaja yang berada di Hargorejo ini tergolong banyak dan merata. Oleh karena itu, Kepala Bidang Dinas Pengendalian Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk dan KB) tingkat Kabupaten Kulon Progo Ibu Siti Sholikhah, AM.Keb, S.KM, M.PH memberikan kesempatan bagi pemuda-pemuda berpotensi yang ada di Hargorejo untuk diajak berkolaborasi dalam rangka mewujudkan misi dalam penurunan angka stunting di Kulon Progo.

Beliau memberikan arahan kepada Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kapanewon Kokap untuk berkoordinasi langsung dengan Pemerintah Kalurahan. Remaja yang terpilih kemudian mengikuti Forum Grup Diskusi (FGD) di Balai Dusun Sangkrek. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 35 remaja, perwakilan Kalurahan Hargorejo, Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Duta Remaja Peduli ikut Mencegah Stunting Kulon Progo atau biasa disebut dengan Duta Remaja Cegah Stunting dilantik pada tanggal 17 Juni 2022 oleh Pj. Lurah Hargorejo Ahmad Suyudi. Organisasi ini diketuai oleh Yoga Fajar Purnama. Pertemuan pertama Duta Remaja Peduli Stunting ini dilakukan di Balai Kalurahan dengan pembahasan Program Kerja dan Pendalaman Materi. Pada pertemuan tersebut disepakati setiap anggota wajib untuk memberikan penyuluhan pada setiap padukuhan dan memberikan laporan sesuai dengan template yang sudah disediakan.

Tugas utama Duta Remaja ini adalah memberikan informasi terkait isu stunting yang ada di Kulon Progo. Kegiatan yang pernah kami lakukan diantaranya adalah Turun Bawah (turba) di beberapa kapanewon di Kulon Progo, Podcast di radio Sonora FM, Sosialisasi di setiap Padukuhan dan keluarga terdekat sesuai program kerja yang telah disusun. Tidak hanya sosialisasi, Duta Remaja Stunting juga beberapa kali mengadakan Gathering bersama untuk menjalin keakraban antar anggota, seperti Outbond, Brainstorming, dan Olahraga bersama. Organisasi ini juga aktif berkolaborasi dengan Forum GenReKulon Progo dalam berbagai event kegiatan, Drama, peringatan Harganas, dan kegiatan sosialisasi lainnya. Hingga saat ini Duta Remaja Peduli Stunting masih aktif ikut serta dalam kegiatan pemuda baik di Kalurahan atau pun di lingkup Kulon Progo dalam memberikan informasi dan cakupan terkait Stunting. (Yoga Fajar Purnama)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image