You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Efektivitas Tim Kecil dalam Suatu Organisasi

Admin Hargorejo 10 April 2023 Dibaca 93 Kali
Efektivitas Tim Kecil dalam Suatu Organisasi

Dalam sebuah organisasi, baik pada struktur organisasi maupun kepanitiaan suatu acara, semuanya membutuhkan pembagian kerja dan tupoksi. Hal tersebut berlaku untuk organisasi dari tingkat terkecil, baik RT, RW, maupun padukuhan hingga pada lingkup yang lebih besar.

Akan tetapi, banyak fenomena di mana beberapa organisasi membagi struktur atau kepanitiaan menjadi divisi/tim dengan skala yang lebih kecil. Seperti contoh, kepanitiaan suatu acara memiliki beberapa divisi/tim kecil, yaitu kesekretariatan, perlengkapan, humas, dan sebagainya. Lalu, terdapat rapat kecil dan rapat besar dalam persiapan kegiatan tersebut. Mungkin sebagian masyarakat atau pemuda belum banyak mengetahui mengenai fungsi dan manfaat dari cara kerja tim kecil. Apa saja itu? Seberapa efektif peran tim kecil dalam suatu organisasi? Simak ulasan berikut.

1. Komunikasi dan kolaborasi antar-anggota menjadi lebih mudah. Hal tersebut karena ide serta pendapat datang dari beberapa orang, kemudian solusi atas sebuah masalah lebih cepat dikerucutkan. Tidak hanya itu, dengan tim kecil dapat membantu menghindari miskomunikasi yang dapat berkembang menjadi masalah.

2. Semangat bersatu lebih tinggi. Hal ini membangun atmosfer dalam tim untuk saling melengkapi satu sama lain di setiap anggotanya. Hal ini juga membuat setiap anggota tim bekerja sama secara natural untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan dari kegiatan. Sehingga, produktivitas dari tim dapat meningkat.

3. Mendorong Inovasi
Karena terdiri dari beberapa orang saja, maka tim kecil dapat mendorong munculnya inovasi. Sebab, setiap anggota tim memiliki waktu untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan rekan kerjanya sehingga dapat saling mendorong dan memotivasi mengenai cara dan sistem kerja serta pemahaman tugas. Selain itu, anggota memiliki kesempatan berpendapat dengan lebih besar dibanding ketika ada di tim besar.

4. Manajemen yang lebih efisien
Karena tim berjumlah sedikit, pelaksanaan rapat dan pembagian tugas dapat dilakukan dengan lebih efektif, serta setiap progres dapat dipantau secara efisien. Setiap anggota lebih banyak memiliki waktu dan kemampuan untuk membantu satu sama lain dalam menyelesaikan tugas.

5. Fokus pada spesialisasi
Karena tim kecil menangani hal-hal tertentu dalam skala yang lebih kecil, maka anggota dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan kebutuhan tim.

Dengan beberapa manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran tim kecil dalam sebuah organisasi dibutuhkan agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Glints.com - 12 Keuntungan Bekerja di Tim Kecil yang Sering Tak Disadari

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image