You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Jaga Tubuh Tetap Bugar, Sejumlah Lansia di Padukuhan Penggung Lakukan Senam Irama

Admin Hargorejo 07 Maret 2023 Dibaca 99 Kali
Jaga Tubuh Tetap Bugar, Sejumlah Lansia di Padukuhan Penggung Lakukan Senam Irama

Termasuk olahraga ringan dan mudah dilakukan, senam lansia berfungsi untuk membantu tubuh agar tetap bugar dan sehat, melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal serta membantu menghilangkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Senam juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung kampanye Germas yaitu melakukan gerakan fisik. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), para lansia sebaiknya melakukan olahraga dengan intensitas sedang minimal 150 menit dalam seminggu atau olahraga dengan intensitas berat minimal 75 menit dalam seminggu. 

Sejumlah Lansia di Padukuhan Penggung, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap melakukan kegiatan senam irama pada Minggu (5/3/2023). Kegiatan senam irama ini berlokasi di halaman rumah warga RT 076, RW 022 Padukuhan Penggung. Dipimpin oleh instruktur senam Suharyati yang berasal dari Padukuhan Kliripan, para lansia nampak antusias mengikuti setiap gerakan senam. Diiringi dengan musik, para lansia melakukan berbagai gerakan seperti peregangan leher dan pinggang, mengangkat lengan, berdiri dengan satu kaki dan gerakan jinjit.

Selain para lansia, Dukuh Penggung, Widhi Kurniastuti yang usianya masih tergolong muda juga turut mengikuti kegiatan senam tersebut. Baginya, selain untuk membersamai warga yang ada di padukuhan, kegiatan senam merupakan salah satu rutinitas yang wajib dijalankan untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah berbagai aktivitas yang padat sebagai seorang dukuh. Selain itu, kegiatan senam irama ini juga membuatnya lebih akrab dengan dengan para warga. (Ajru F)

Sumber : Agus S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image