You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Gelar Budaya Jogja Kapanewon Kokap Tahun 2023

Admin Hargorejo 13 Maret 2023 Dibaca 115 Kali
Gelar Budaya Jogja Kapanewon Kokap Tahun 2023

Seni budaya yang ada di sekitar kita patut dijaga dan dilestarikan kearifannya serta diuri-uri karena merupakan peninggalan sejarah kebudayaan dan merupakan kesenian peninggalan nenek moyang yang adiluhung. Seperti halnya dengan seni incling krumpyung Langen Bekso Wiromo dari Padukuhan Gunung Rego Kalurahan Hargorejo Kapanewon Kokap Kabupaten Kulon Progo.

Semua anggota paguyuban seni incling Langen Bekso Wiromo pada Sabtu (11/3/2023) pagi pukul 08.00 WIB melakukan persiapan di tempat biasa berkumpul, seperti persiapan make up, kostum, persiapan alat seperti angklung, kendang, gamelan, dsb. Setelah selesai melakukan persiapan, semua kru dan penari berangkat menggunakan dua kendaraan mobil menuju lokasi pentas. Seni incling krumpyung tersebut mewakili Kalurahan Hargorejo .

Acara malam itu diadakan dalam rangka gelar budaya Jogja (keistimewaan). Acara gelar budaya yang diadakan oleh pihak panitia kabudayan tingkat Kabupaten diawali dengan pembacaaan tahlil dan doa supaya acara berjalan dengan baik dan lancar,  tutur salah satu panitia disaat kami temui di lokasi. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya oleh seluruh tamu undangan. Malam itu nampak hadir perwakilan dari Kalurahan Hargorejo.

Acara dilanjutkan sambutan dari panitia serta dari narasumber. Kegiatan ini dilaksanakan disamping untuk menjaring potensi-potensi seni budaya yang ada di wilayah Kapanewon Kokap serta diharapkan supaya bisa mengarah ke desa wisata budaya seni yang ada di Kapanewon Kokap menjadi ciri khas dari desa budaya.

Dalam sambutannya Bapak Panewu Anom Kapanewon Kokap Raden Nur Ariwibowo, S.IP., M.M memberikan ucapan apresiasi yang luar biasa untuk incling krumpyung Langen Bekso Wiromo dari Kalurahan Hargorejo yang telah mewakili dan membawa nama harum Kapanewon Kokap yang telah menjadi juara satu di acara lomba dan pemilihan jati diri seni budaya tingkat Propinsi waktu lalu yang diadakan di Surakarta .

Perwakilan dari Kalurahan Hargorejo dihadiri oleh Kamituwo Bapak Sukarma, Staff Kalurahan Bapak Hartono dan Bapak Gatot Suranto mewakili pengurus kabudayan Kalurahan Hargorejo. Gelar budaya malam tersebut juga dihadiri dari Muspika Kapanewon Kokap, Lurah, Carik, dan Kamituwa se-Kapanewon Kokap. Acara yang digelar pada waktu itu berjalan ramai tertib serta banyak warga yang antusias ikut menonton dan meramaikan acara tersebut hingga acara selesai.

Penulis : Agus S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image