You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Jurnalistik Warga Hargorejo dan Teknik Meramu Informasi menjadi Berita

Admin Hargorejo 20 Februari 2023 Dibaca 130 Kali
Jurnalistik Warga Hargorejo dan Teknik Meramu Informasi menjadi Berita

Perkembangan teknologi yang masif turut menciptakan kemudahan untuk mengakses media informasi. Perkembangan media, baik secara cetak maupun elektronik semakin mudah untuk dikonsumsi khalayak serta dapat menjadi referensi pengetahuan bagi masyarakat.

Dalam mendukung peningkatan kemampuan masyarakat dalam bidang jurnalistik, Tim Media Kalurahan Hargorejo "GRAHA MEDIA" menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Warga dengan tema "Meramu Informasi menjadi Berita". Kegiatan ini merupakan kolaborasi Graha Media dengan Perpustakaan Swa Pustaka Kalurahan Hargorejo dan Duta Remaja Hargorejo.

Pelatihan jurnalistik warga diselenggarakan pada Minggu (19/02/2023) pukul 12.30 hingga 15.00 WIB berlokasi di Balai Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti dari berbagai unsur, di antaranya anggota Graha Media, Perwakilan Karang Taruna, Duta Remaja, Rumah Data Kependudukan, Desa Wisata, Kelompok Informasi Masyarakat, Pengelola Sistem Informasi Desa, dan perwakilan beberapa Padukuhan.

Acara pelatihan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua panitia, Dina Eki Pratiwi Putri yang melaporkan gambaran umum mengenai kegiatan pelatihan. Lebih lanjut, Dina mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan jurnalistik bagi warga Hargorejo, khususnya dalam meramu informasi menjadi berita.

Sambutan kedua disampaikan oleh Lurah Hargorejo yang diwakili oleh Siti Nura'eni selaku Carik Kalurahan Hargorejo. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa keterbukaan informasi di masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Maka, diharapkan dengan ini para peserta dapat secara bersama-sama memajukan perkembangan media di Kalurahan Hargorejo. Sejalan dengan hal tersebut, pengelolaan Sistem Informasi Desa yang sampai saat ini masih membutuhkan dukungan dari kontributor di seluruh wilayah Kalurahan Hargorejo, melalui kegiatan pelatihan jurnalistik warga dapat mendukung pengembangan pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID) di Kalurahan Hargorejo.

Bersama narasumber Drs. H. Heri Purwata, Wartawan Republika (1993-2016) dan Dosen Jurnalistik UMY (2010-2021), materi pelatihan jurnalistik diawali dengan pemaparan mengenai reportase. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktik penyusunan sebuah berita oleh seluruh peserta pelatihan.

Salah seorang peserta pelatihan, Aulia Chaniago mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan. Ia mengharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, pengelolaan situs web Kalurahan Hargorejo semakin berkembang. "Pelatihan ini sangat berguna bagi kami yang notabene masih pemula dalam hal penulisan. Saya akan menulis perkembangan pembangunan dan budaya Hargorejo".

Sementara itu, Ajru Fajriyah selaku perwakilan panitia menyampaikan bahwa melalui pelatihan ini diharapkan semua peserta dapat meracik informasi menjadi berita dengan handal, tepat, dan akurat. "Untuk selanjutnya, panitia akan mengarahkan para peserta sebagai kontributor berita di situs web Kalurahan Hargorejo. Bu Carik juga sudah menyampaikan bahwa setiap berita yang dimuat di situs website Kalurahan Hargorejo akan diberikan tanda jasa."

Berdasarkan rangkaian acara yang dilaksanakan, diharapkan seluruh peserta mampu untuk memahami teknik meramu informasi menjadi berita, mulai dari pedoman pengumpulan informasi dan fakta, baik menemukan peristiwa, menyusun pertanyaan, maupun teknik wawancara. Selain itu, penguasaan teknik pengolahan fakta juga menjadi dasar penyusunan berita dalam rangka pengembangan keterbukaan informasi di Kalurahan Hargorejo. 

Penulis   : Annisa Istika

Editor      : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image