You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Yuk Menulis, Tuangkan Ide Gagasanmu

Admin Hargorejo 13 Februari 2023 Dibaca 117 Kali
Yuk Menulis, Tuangkan Ide Gagasanmu

Di era digitalisasi ini setiap warga dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Setiap warga diharapkan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyuarakan aspirasi dan gagasannya guna kemajuan Kalurahan. Kecepatan dan ketepatan informasi merupakan hal terpenting dalam proses pembangunan. Seperti kita ketahui bahwa media merupakan pilar ke empat demokrasi yang memberikan kebebasan, hak bersuara dan berpendapat bagi semua orang.

Warga negara diberi kebebasan untuk memberitakan dan melaporkan peristiwa atau kejadian yang diketahuinya. Artinya siapapun baik itu ibu rumah tangga, pedagang, petani, pelajar, pegawai negeri sipil dan sebagainya memiliki hak partisipasi dalam memberikan informasi kepada orang lain. Dalam menyampaikan informasi tentunya ada kaidah-kaidah yang harus dilakukan seperti tidak membagikan infomasi yang belum jelas kebenarannya (hoax), tidak diskriminatif, tidak mengandung ujaran kebencian dan SARA.

Saat ini dunia jurnalistik tidak hanya milik orang – orang yang berprofesi sebagai wartawan saja tetapi milik semua orang. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Hargorejo yang mendorong warganya untuk ikut terlibat aktif dalam mengisi website Kalurahan dengan menjadi kontributornya.  Setiap warga bisa menginformasikan kegiatan-kegiatan di wilayahnya sendiri  menyajikannya dalam sebuah tulisan dengan memasukkan unsur 5W1H.

Langkah yang dilakukan Pemerintah Kalurahan ini patut untuk diapresisi dan disambut baik oleh masyarakat. Semakin banyak warga yang berpartisipasi dalam penulisan di website Kalurahan maka informasi yang disajikan akan menjadi lebih beragam. Banyak sekali yang bisa kita kupas dari Kalurahan. Kita bisa mulai dari membuat liputan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di wilayah masing-masing. Membuat tulisan dari peristiwa yang kita ketahui dan dekat dengan isu kita juga bisa kita lakukan . Selain itu kita bisa mengeksplore potensi-potensi yang dimiliki Kalurahan dan menuliskannya agar semakin banyak orang yang tau tentang Hargorejo.

Kalau berbicara tentang potensi, kita bisa mengangkat tentang produk unggulan dari Hargorejo yang dikelola oleh kelompok UMKM atau Desa Prima. Kita juga bisa memberikan informasi tentang bagaimana pengolahan produk unggulan dari Hargorejo ini. selain tentang makanannya, kita juga bisa mengangkat tema tentang kesenian ataupun tentang wisata kalurahan yang sedang dikembangkan.

Mulailah mencoba dan mempraktikkannya. Jangan berpandangan bahwa saat pertama kali kita mencoba menulis harus langsung bagus, karena itu merupakan hambatan terbesar kita sehingga kita jadi menulisnya. Mulailah dengan tulisan sederhana dengan topik yang kamu sukai. Kuncinya adalah praktik langsung. Kita akan menemukan kepuasan tersendiri saat kita berhasil melewati tantangan tersebut dan menjadikan menulis sebagai bagian dari kebiasaan kita sehari - hari. (Rully/Yuli S)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image