You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Ketahanan Pangan

Admin Hargorejo 10 Februari 2023 Dibaca 163 Kali
Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Ketahanan Pangan

Setiap rumah tangga membutuhkan bahan makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Harga bahan pokok mulai merangkak naik, apalagi tinggal beberapa minggu lagi memasuki bulan Ramadhan. Sudah menjadi sebuah tradisi bahwa setiap bulan Ramadhan semua bahan pokok mulai dari beras, minyak goreng, tepung terigu, telur, bawang merah, bawang putih, cabai sampai dengan sayuran mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan jumlah permintaan yang banyak oleh masyarakat sedangkan untuk barang yang tersedia terbatas.

Kenaikan harga barang tersebut tentunya akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Masyarakat tentunya akan mengurangi jumlah pembelian atau mengganti bahan bahan pokok dengan bahan pokok pengganti yang lebih murah. Dilasir dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) pada 10 Februari 2023 untuk wilayah DIY harga daging ayam ras segar Rp. 34.500/kg, bawang merah ukuran sedang Rp. 42.500/kg, bawang putih ukuran sedang Rp. 28.500/kg, cabai merah besar Rp. 41.250/kg, Cabai rawit hijau Rp. 46.250/kg, cabai rawit merah Rp. 58.750/kg, minyak goreng Rp. 15.900/liter, gula pasir Rp. 13.650/kg dan sebagainya.

Kondisi ekonomi masyarakat sekarang ini belum sepenuhnya pulih akibat pandemic covid-19 selama 2 tahun terakhir. Banyak terjadi PHK di mana-mana sehingga banyak masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi ekonomi keluarga dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Masyarakat harus memutar otak untuk mencukupi semua kebutuhan terutama kebutuhan pokok.

Pemanfaatan lahan kosong menjadi salah satu solusi yang bisa diambil untuk membantu meringankan kebutuhan keluarga. Masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong di samping atau depan rumah agar lebih produktif. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Pangan dan Penyuluhan melaksanakan Kegiatan Optimalisasi Pemanfatan Pekarangan melalui Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dalam rangka mempercepat diversifikasi pangan dan memperkuat ketahanan pangan masyarakat. Pemanfaatan lahan ini dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sampai dengan membantu perekonomin keluarga. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah menganjurkan agar memanfaatkan setiap jengkal tanah termasuk lahan tidur, galengan, maupun tanah kosong yang tidak produktif untuk penyediaan pangan masyarakat.

Himbauan dari pemerintah kabupaten dan dinas pertanian terkait ini tentunya tidak akan berjalan apabila tidak ada tindakan yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam medorong dan memfasilitasi masyarakat untuk pemanfaatan lahan kosong. Pemerintah desa dan masyarakat harus berperan aktif dalam mewujudkan ketahanan pangan dan pemanfaatan lahan secara berkelanjutan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sumber :

https://pertanian.kulonprogokab.go.id/detil/115/optimalisasi-pemanfaatan-pekarangan

https://hargapangan.id/

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image