You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kegiatan Poksarti di Padukuhan Ngulakan

Admin Hargorejo 06 Desember 2023 Dibaca 68 Kali
Kegiatan Poksarti di Padukuhan Ngulakan

Bertempat di Balai Sunan Geseng Padukuhan Ngulakan, Poksarti (Kelompok Sadar Hipertensi) mengadakan cek tensi, kolesterol, asam urat, kesehatan hati dan ginjal dan gula darah bagi masyarakat pada Selasa  (05/12/2023). Sejumlah 77 peserta hadir dan berpartisipasi dalam acara ini. Sedangkan petugas pemeriksaan terdiri dari 2 orang tenaga medis Laboratorium Klinik Cito, 2 orang tenaga medis Puskesmas Kokap 1, serta anggota Poksarti yang terdiri dari 4 padukuhan, yakni Kriyan, Ngulakan, Krengseng serta Sindon.

Tenaga medis dari Klinik Cito bertugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap peserta yang sudah enam kali rutin melakukan pemeriksaan dengan riwayat tensi dan gula darah yang tinggi. Pemeriksaan dilakukan dengan pengambilan sampel darah dan urine untuk  mengetahui kondisi kesehatan hati dan ginjal. Sedangkan Puskesmas Kokap 1 bertugas melakukan pemeriksaan serta memberikan obat kepada pasien. Para anggota Poksarti bertugas melakukan penimbangan, pengukuran tinggi badan dan tensi.

Dimulai pukul 08.00 WIB, kegiatan Poksarti biasa diadakan setiap 1 bulan sekali dan setiap 2 bulan sekali diawali dengan senam lansia yang dipandu oleh Ibu Yuni selaku instruktur senam. Dengan adanya Poksarti ini, diharapkan dapat mengetahui, mencegah dan menangani sejak dini penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kesehatan hati dan ginjal serta memberikan kesadaran kepada masyarakat luas tentang perilaku hidup sehat.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Aris Nurkarimah

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image